Daerah

Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Jateng Kompak Bagi-bagi Sembako  

Jum, 17 April 2020 | 14:00 WIB

Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Jateng Kompak Bagi-bagi Sembako  

Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Jateng bagi-bagi sembako (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Semarang, NU Online
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Pemuda Muhammadiyah  Jawa Tengah menggelar aksi sosial membagi ratusan paket sembako kepada warga terdampak pandemi covid 19 di Kota Semarang.
 
Sekretaris Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah, Fahsin M Fa'al mengatakan, paket sembako itu dibagikan langsung ke masyarakat terdampak di kawasan Kota Semarang pekan ini.
 
"Dalam merealisasikan kegiatan sosial ini kami menjalin kerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah Jateng, termasuk dalam membagi-bagikan paket sembako kepada warga terdampak," kata Fahsin di Semarang Jumat (17/4).
 
Dijelaskan, dalam menyalurkan bantuan bantuan ini Ansor menugaskan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) sedangkan Pemuda Muhammadiyah menugaskan Komando Aksi Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam).
 
Selama masa pandemi Covid-19 lanjutnya, PW GP Ansor Jateng menghentikan seluruh aktivitas agenda pengkaderan yang telah disusun secara rapi dan sistematis sepanjang 2020.
 
"Agenda kami geser ke aktivitas yang bersifat sosial, terutama yang terkait dengan dampak Pandemi Covid-19 yang memperlambat aktivitas perekonomian di akar rumput," ujarnya.
 
Dia menambahkan, kegiatan aksi sosial yang dijalankan Ansor Jateng ada beberapa model, di antaranya aksi sosial yang yang bersifat mandiri dan aksi yang dikerjasamakan seperti yang dilakukan dengan Pemuda Muhammadiyah Jateng pada minggu-minggu ini di Semarang.
 
Sembako yang dibagikan ini ujarnya, diprioritaskan untuk warga rentan terdampak akibat pandemi Corona yang penanganannya mengakibatkan berbagai aktivitas perekonomian melambat.
 
"Terutama adalah kalangan pekerja informal yang mengandalkan pendapatan dari kegiatan usaha harian berskala UKM atau  UMKM," tuturnya.
 
Dikatakam, berkurangnya aktivitas publik karena para pekerja di sektor formal menjalankan aktivitasnya di rumah masing-masing menjadikan aktivitas di sektor riil melemah dan pada akhirnya mempengaruhi pendapatan pekerja harian.
 
"Tentu mereka dalam kondisi seperti ini tertekan hidupnya, karena itu Ansor  berupaya menumbuhkan kepercayaan dan membesarkan hatinya bahwa mereka dalam menghadapi kesulitan ini tidak sendirian," tuturnya.
 
Wakil Ketua Bidang  Pembinaan Teritorial Semarang Raya PW Ansor Jateng  Ngainirrichadi mengatakan, diprioritaskannya pembagian sembako di Semarang karena warga terdampak kebijakan penanganan Covid-19  terbesar jumlahnya di Semarang.
 
"Kami dorong cabang-cabang Ansor di kawasan Semarang Raya mulai sekarang bersiap diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk akibat penanganan Covid-19, dengan menyiapkan kegiatan-kegiatan aksi sosial," pungkasnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

ADVERTISEMENT BY ANYMIND