Internasional

PCINU Suriah Gelar Kajian Ramadhan Bareng Syekh Mahir Hasan Damaskus 

Jum, 24 Maret 2023 | 13:30 WIB

PCINU Suriah Gelar Kajian Ramadhan Bareng Syekh Mahir Hasan Damaskus 

Kajian Ramadhan PCINU Suriah. (Foto: Dok. PCINU Suriah)

Jakarta, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Suriah mengadakan program Kajian Ramadhan 1444 H yang berlangsung selama sebulan Ramadhan penuh.

 

Program Kajian Ramadhan 1444 H akan diampu langsung oleh Syekh Mahir Hasan al-Munajid, seorang guru besar Fiqih, Ushul Fiqih dari Universitas Kaftaro, Damaskus, Suriah.

 

Ketua PCINU Suriah Habib El Rahman, menjelaskan program ini dilaksanakan secara hybrid. Pengajian luring digelar di Sakan Dakhili, Mujamma’ Syeikh Ahmad Kaftaro, Damaskus, Suriah. Sementara untuk daring, Habib mengatakan pengajian dapat diakses secara terbuka melalui live Instagram di akun resmi PCINU Suriah @pcinu_suriah.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

“Insyaallah via Instagram,” kata Habib kepada NU Online pada Jumat (24/3/2023).

 

Adapun kitab-kitab yang dikaji adalah Al-Luma dan Al-Bahjah al-Saniyah Syarah al-Kharidah al-Bahiyah. Pengajian dilangsungkan dua kali selama seminggu, yakni pada hari Senin dan Kamis setelah Ashar waktu Suriah.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Habib menyebut bahwa program pengajian Ramadhan rutin digelar PCINU Suriah setiap tahunnya. PCINU kerap menggandeng langsung ulama-ulama Suriah sebagai pengampu pengajian dengan fan ilmu yang beragam.

 

“Setiap tahunya memang PCINU Suriah selalu mengadakan pengajian Balagh Ramadhan dengan para ulama di Suriah,” jabar Habib.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Selain pengajian oleh Syekh Mahir Hasan, PCINU Suriah juga telah melangsungkan pengajian bersama Syekh Muhammad Zaid Yasin yang mengkaji kitab karya ulama Nusantara. Program bersama Syekh Muhammad Zaid telah dimulai sejak Desember 2022 dan masih berjalan hingga Ramadhan ini.

 

“Kita juga ada program mengkaji kitab-kitab ulama Nusantara. Dan pengajian ini masih berjalan sampai Ramadhan,” papar dia.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Adapun kitab yang dikaji adalah Mirqoh Su’udut Tasdiq Syarah Sullam at-Taufiq karya Syekh Nawawi al-Bantani, ulama asal Banten, Indonesia penulis 115 kitab dengan beragam fan ilmu.

 

“Guru Syekh Abu al-Faidh Abdus Sattar bin Abdul Wahhab ad-(dahlawi, Delhi, India) dan KH Thahir Jamaluddin (Singapura). Beliau bernama Asy-Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani at-Tanari asy-Syafi’i,” jelas Habib.

 

Pengajian kitab Syekh Nawawi al-Bantani oleh Syekh Muhammad Zaid Yasin digelar setiap hari Senin per dua minggu sekali pukul 08.30 waktu Suriah atau 12.30 WIB secara live Instagram PCINU Suriah.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi

ADVERTISEMENT BY ANYMIND