Kesehatan

5 Cara Alami Turunkan Demam Si Kecil Tanpa Langsung Beri Obat

Jum, 21 Oktober 2022 | 21:30 WIB

5 Cara Alami Turunkan Demam Si Kecil Tanpa Langsung Beri Obat

5 Cara Alami Turunkan Demam Si Kecil Tanpa Langsung Beri Obat

Jakarta, NU Online

Demam merupakan respons tubuh terhadap penyakit. Demam biasanya bukan sesuatu yang perlu terlalu dicemaskan. Baik pada anak-anak maupun dewasa, secara umum demam bisa sembuh dengan sendirinya.


Meski begitu, kebanyakan orang tua khawatir demam yang terjadi pada sang buah hati. Mereka melakukan segala cara untuk menurunkannya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Tak jarang orang tua memilih untuk memberikan sirop parasetamol ketika anak demam. Meskipun meminum obat sirop merupakan cara yang mudah, hal itu belum tentu pilihan terbaik. Orang tua bisa melakukan alternatif cara menurunkan panas alami.


Melansir Alodokter, memilih pengobatan alami untuk demam di rumah membantu anak membangun kekebalan dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Berikut lima cara menurunkan panas secara alami yang bisa dilakukan dari rumah:


1. Memperbanyak minum air

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Memperbanyak minum air dapat mencegah potensi dehidrasi ketika si kecil banyak mengeluarkan keringat saat demam. Perlu diketahui semakin tinggu suhu tubuh saat demam, semakin besar pula resiko terkena dehidrasi.


2. Melakukan kompres dingin

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

Melakukan kompres dengan air dingin dapat menjadi alternatif orang tua untuk menurunkan panas si kecil. Mudah saja, cara ini hanya memerlukan handuk atau kain yang dibasahi dengan air dingin.


Kendati begitu, perlu diperhatikan bahwa melakukan kompres dingin berpotensi menyebabkan anak menggigil, jika dilakukan menggunakan es, cold pack, atau ice gel yang langsung mengenai kulit si kecil.


3. Mandi atau menyeka dengan air hangat

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

Mandi atau “lap-lap” dengan air hangat juga dapat membantu menurunkan panas si kecil karena air hangat akan berfungsi untuk membuat tubuh serta otot menjadi rileks.


4. Menggunakan pakaian tipis

Saat si kecil demam, usahakan untuk memberikan satu lapis pakaian yang tipis. Hal ini dapat mendorong penurunan panas tubuh secara alami. Hindari penggunaan kain berlapis-lapis yang berpotensi memicu rasa tidak nyaman bagi si kecil


5. Istirahat yang cukup

Selain melakukan 4 cara di atas, orang tua perlu memastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup saat mengalami demam. Saat demam, tubuh akan bekerja keras untuk melawan infeksi. Hindari banyak gerak karena dapat meningkatkan suhu tubuh anak.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin

ADVERTISEMENT BY ANYMIND