Nasional

Kepiawaian Gus Dur Menulis Obituari Tokoh

Jum, 15 Desember 2017 | 00:04 WIB

Solo, NU Online
Semasa hidupnya, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai seorang yang produktif dalam menulis, termasuk di antaranya tulisan obituari yang tersebar di berbagai media massa.

Obituari dapat diartikan sebagai tulisan tentang kematian seseorang, bercerita tentang kisah perjalanan hidup mendiang dan sepak-terjangnya semasa ia hidup.

Selain menulis tentang obituari tokoh-tokoh besar secara umum, Gus Dur juga banyak mengungkap tentang beberapa sisi kisah hidup para ulama, termasuk mereka yang dikenal sebagai kiai kampung.

"Kalau dalam istilah santri, ibaratnya Gus Dur itu memunculkan wali. Ia mampu mengenalkan seorang tokoh yang tadinya tidak banyak dikenal, menjadi lebih terkenal," kata Ketua PBNU KH Imam Aziz.

Sementara itu, pegiat literasi NU Hamzah Sahal mengingat Gus Dur melalui tulisannya yang banyak mengenalkan tentang fragmen kehidupan para kiai.

"Gus Dur mengenalkan para tokoh kiai kepada kita dengan tulisan dan judul yang menarik, semisal pada salah satu artikelnya ia menulis dengan judul Gus Miek: Wajah Sebuah Kerinduan, dan lain sebagainya," ungkap Sahal, saat ditemui NU Online, Sabtu (9/12).

Tentang kepiawaian Gus Dur dalam menulis tokoh baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat tersebut, menurut Sahal belum ada penggantinya hingga sekarang. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait