Nasional

PBNU Dinilai Bela Syi'ah

Ahad, 16 September 2012 | 04:00 WIB

Jember, NU Online Sikap PBNU yang selama ini terkesan tidak berpihjak pada kepentingan NU dalam beberapa kasus, menuai kegerahan di kalangan NU sendiri. Salah kasus yang sempat menjadi sorotan adalah sikap PBNU terhadap maraknya aliran syi’ah. 
<>
Menurut Ketua Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama (LBM NU) Jember, Ust. Idrus Ramli, PBNU terkesan melakukan pembelaaan terhadap kelompok syi’ah. Dalam beberapa dokumen cermahnya yang sudah beredar luas, kata Idrus, jelas sekali KH. Said Aqil memberikan pembelaan terhadap apa yang dilakukan syiah. 

“Padahal,  Sunni dan Syi’ah itu berbeda sekali syariahnya meski sama-sama Islam,” tandas Idrus di kantor PCNU Jember, Sabtu (15/9).

Idrus menambahkan, kehadiran Syiah  kerap mengusik tatanan yang sudah rapi. Dikatakannya, kelompok Syiah banyak menyulut permasalahan lebih dulu. 

Dalam penyebaran dakwahnya, Syi’ah kerap mengabaikan aspek kerukrunan dan kebersamaan. Anehnya, lanjut Idrus, ulah Syiah itu seolah-seolah dapat dukungan dari PBNU dengan dalih pluralisme dan demokrasi. 

“Karena itu, saya mohon agar Rais ‘Aam PBNU segera menegur KH Said Aqil atas sikapnya selama ini yang terkesan menguntungkan Syi’ah dan juga Ahmadiyah,” tutur Idrus.

Sebelumnya, dalam kesempatan berbeda, Rais Syuriah PCNU Jember, KH. Muhyiddin Abdusshomad menandaskan bahwa sejatinya kelompok NU dan Syi’ah tidak perlu bentrok jika keduanya sama-sama menerapkan ajaran Nabi Muhammad SAW khususnya tentang anjuran menghormati orang lain, menebar cinta dan kasih sayang. 

“Kalu budaya saling menghormati dan mencintai antar satu kelompok dan kelompok lainnnya, tidak akan terjadi peristiwa Sampang,” tukasnya.

 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Redaktur    : Hamzah Sahal
Kontributor : Ary

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait