Nasional

Perihal Suami Harus Menjaga Sikap Baik ketika Istri Hamil

Sen, 24 Oktober 2022 | 16:30 WIB

Perihal Suami Harus Menjaga Sikap Baik ketika Istri Hamil

Ilustrasi: Orang Jawa meyakini jika istri hamil, suami harus menjaga sikapnya. Pesan ini mengandung makna yang baik.

Jakarta, NU Online
Mitos orang Jawa banyak mengiringi kehidupan masyarakat Jawa, terlebih saat perempuan sedang hamil. Mengenai hal itu Pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul Hikmah, Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah, Gus Rifqil Muslim Suyuthi menerangkan bahwa mempercayai mitos adalah bentuk tirakat.


Gus Rifqil mengatakan dalam budaya Jawa salah satu bentuk tirakat jika istri sedang hamil, suami harus menjaga sikap.


"Sebagai orang Jawa, harus mengetahui ilmu-ilmu Jawa. Orang-orang Jawa meyakini jika istri hamil maka suami harus menjaga sikapnya dengan baik. Misalkan ketika istri hamil maka suami tidak boleh membunuh hewan," tuturnya dalam tayangan tayangan Youtube NU Online: Saat Istri Hamil, Mitos-mitos Jawa ini Harus Dihindari diunggah Ahad (23/10/2022).

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ia menceritakan saat Hari Raya Idul Adha kemarin meskipun berkurban, namun hanya menjadi penonton, padahal biasanya ikut serta menjadi eksekutor. "Saya tidak menyembelih sendiri karena istri dengan hamil untuk menjaga saja," ujarnya.

 

Tidak hanya masalah fisik, namun juga perlu menjaga ucapan, pandangan, dan hati karena khawatir akan berefek pada janin yang sedang dikandung oleh istri.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


"Harus menjaga mulut, pandangan dan hati jangan sampai membatin sesuatu yang tidak baik. Ada banyak kasus ketika istri dengan hamil namun membenci seseorang maka ketika sudah lahir anak tersebut memiliki karakter seperti orang yang dibencinya," ungkapnya.


Suami Ning Imaz itu menuturkan ada larangan-larangan lain bagi istri yang sedang hamil menurut tradisi Jawa yakni tidak diperbolehkan memberikan baju baik laki-laki atau perempuan sebelum istrinya melahirkan, tidak boleh juga meninggalkan istri sendiri dalam waktu yang lama, tidak boleh bepergian tanpa membawa benda tajam minimal pisau.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Gus Rifqil juga menambahkan bagi istri yang sedang hamil tentu juga ada amalan-amalan khusus yang dapat dikerjakan sebagai bentuk ikhtiar yang dapat dilakukan bagi suami maupun istri. Di antaranya dengan membaca Surat Yusuf jika sudah mengetahui anaknya laki-laki, dan membaca Surat Maryam jika anaknya akan lahir perempuan.


"Namun, jika belum mengetahui jenis kelaminnya maka dapat membacakan keduanya setiap malam," ungkapnya.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Kendi Setiawan

ADVERTISEMENT BY ANYMIND