Nasional

Waspada Cuaca Panas, Jamaah Haji Indonesia Diminta Selalu Gunakan Alas Kaki 

Sab, 3 Juni 2023 | 16:35 WIB

Waspada Cuaca Panas, Jamaah Haji Indonesia Diminta Selalu Gunakan Alas Kaki 

Suasana sekitar Masjidil Haram. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online 
Juru bicara Kementerian Agama RI Anna Hasbie meminta jamaah haji Indonesia, khususnya yang lansia agar memperhatikan cuaca panas di Madinah dan Makkah.


Cuaca di Madinah saat ini berkisar pada 28-40 derajat celcius sementara di Makkah berada di sekitar 32-44 derajat celcius. Hal ini disampaikannya saat konferensi pers di kanal Youtube Kemenag RI, Sabtu (03/6/2023).


"Karenanya kami menghimbau ke jamaah, khususnya yang lansia untuk mengatur ritme ibadahnya. Agar tidak kelelahan. Jaga kesehatan dan istirahat cukup," imbaunya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ia menambahkan, memasuki hari ke-12, sebanyak 6.277 jamaah haji Indonesia yang tiba di Madinah setelah melaksanakan ibadah arbain mulai dipindahkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.


Jamaah haji, khususnya yang lansia yang belum berangkat dan yang sudah di Madinah juga diminta untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengindahkan anjuran pemerintah terkait menjaga kesehatan.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


"Tetap menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel, masjid, dan istirahat yang cukup," pesannya.


Ia juga mengingatkan kepada jamaah haji Indonesia untuk menggunakan alas kaki dan kaos kaki ketika keluar hotel untuk menghindari kaki melepuh. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Bagi jamaah yang kehilangan alas kaki, diminta untuk tidak memaksakan diri untuk segera pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari. 


"Segera temui petugas dan minta bantuan. Jangan lupa, bawa selalu minum air mineral serta oralit satu sachet perhari. Selalu pakai alas kaki saat keluar dari hotel dan masjid, agar kaki tidak melepuh," jelasnya..

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Ia juga meminta jamaah haji Indonesia untuk mencatat dan membawa nomor kamar serta nama hotel sebelum berangkat ke masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Selalu menggunakan identitas pengenal, terutama gelang jamaah. 


"Jamaah diminta selalu berkelompok dan jangan memisahkan diri. Untuk saling membantu dan tolong menolong antar jamaah, jangan sungkan untuk minta bantuan ke petugas, selama berada di embarkasi, pesawat, di Madinah," katanya.


Total Jamaah Haji Wafat

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

Hingga hari ke-12, jumlah jamaah haji Indonesia yang wafat mencapai 10 orang. Berdasarkan data, hingga tanggal 3 Juni 2023, jamaah haji dan petugas yang sampai di Madinah yaitu 60.149 orang atau 156 kelompok terbang. 


Jamaah dan petugas yang masuk asrama haji saat ini sebanyak 7.011 orang. Terdiri dari embarkasi Aceh 393 orang, Medan 360 orang, Batam 374 orang, Palembang 360 orang, Jakarta-Pondok Gede 776 orang, Jakarta-Bekasi 814 orang, solo 720 orang, Surabaya 1.350 orang, Banjarmasin 330 orang, embarkasi Kertajati 374 orang, dan Makassar 780 orang.


"Terdapat 2 jamaah haji yang  meninggal dunia, atas nama Tasmi binti Kasan Mukrim dan Neneng binti Gatot Sumantajaya. Total yang wafat 10 orang," tandas Anna.


Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Muhammad Faizin

ADVERTISEMENT BY ANYMIND