Warta

Jamaah Haji Terakhir Tiba di Arab Saudi

Sel, 26 Desember 2006 | 01:48 WIB

Makkah, NU Online
Jamaah haji Indonesia seluruhnya berada di Arab Saudi pada selasa (26/12) dini hari. Sekitar 900 jamaah dari kloter 85 SUB dan 78 SOC menjadi jamaah terakhir yang masuk ke tanah suci.

Setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, kata Kepala Daerah Kerja Jeddah Subakin Abdul Muthalib, jamaah haji terahir itu akan langsung diberangkatkan ke Makkah dan menempati pemondokan yang telah disiapkan.

<>

Menurut Subakin, pemberangkatan jamaah pada 24 Desember lalu, terjadi penundaan penerbangan tiga kloter yaitu kloter 22 BTH (Batam), 81 JKS (Jakarta-Jabar), dan 78 SOC (Solo). Ia mengungkapkan pihak penerbangan, Saudi Arabian Airlines, baru memberangkatkan pada 25 Desember 2006.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Sementara itu pemulangan jamaah haji akan dilakukan mulai 5 Januari hingga 2 Februari 2006 mendatang. Pada hari 1-13 masa pemulangan diperkirakan sebanyak 16 hingga 19 kloter akan diterbangkan ke Tanah Air.

Pada hari-hari berikutnya direncanakan setiap harinya akan ada 12 kloter yang akan kembali ke Tanah Air. Subakin berharap tak ada penerbangan yang tertunda. Bila ini terjadi, jelas dia, maka akan menimbulkan penumpukkan jamaah.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

Pada masa pemulangan ini jamaah akan terus mengalir dari Makkah ke Jeddah kemudian diberangkatkan ke bandara. Ia menambahkan, sehari sebelum keberangkatan jamaah harus berada di delapan pemondokan yang telah disiapkan di Jeddah. (dpg/nam)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait