Warta

Thowaf Wada' Masih padat

Sel, 23 November 2010 | 01:24 WIB

Makkah, NU Online
Memasuki hari ketiga pemulangan jamaah haji, Masjidil Haram Makkah masih dipadati jamaah. Hingga hari ini, untuk melakukan Thowaf Wada' pun (Thowaf perpisahan) jamaah masih harus berdesak-desakan.

Hingga Senin (22/11) banyak jamaah melakukan Thowaf Wada' sejak pukul 00.00 waktu Arab Saudi. Mereka umumnya melakukan umroh terlebih dulu pada malam harinya. Setelah hari berganti, jamaah kemudian melakukan Thowaf Wada'.r />
Jamaah memilih tawaf pada pagi buta untuk menghindari kepadatan. Selain itu juga untuk bersegera meninggalkan Makkah untuk pulang ke tanah air.

Meski masih pagi buta, areal untuk tawaf sudah dipadati jamaah. Dari pantauan NU Online, hingga pukul 09.00 waktu Arab Saudi, jamaah masih padat walau tidak sepadat saat pagi buta. Meski padat, Thowaf Wada' relatif berjalan lancar.

"Jamaah tawaf dari malam dan pagi, masih sangat padat. Sebagian ada yang umroh dulu," kata Ketua Kloter 7 SOC Samingin.

Jamaah Kotler 7 S0C dijadwalkan terbang ke tanah air pukul 16.05, Selasa (23/11). "Besok kami pulang semoga tidak delay," harap pria asal Banyumas tersebut.

Jamaah yang melakukan tawaf, Senin ini  didominasi asal Indonesia, Afrika dan India. Jamaah Turki yang biasanya kurang tertib dan suka menang sendiri terlihat sedikit yang melakukan tawaf pagi itu.

Tawaf adalah ibadah mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali.  Tawaf Wadak ialah tawaf selamat tinggal yang dilakukan jamaah yang ingin keluar dari Tanah Haram Makkah. (min/Laporan langsung Syaifullah Amin dari Arab Saudi)

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Terkait