Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Amalan Dzikir Agar Lancar Saat Terjebak Macet dan Antrean

Amalan Dzikir Agar Lancar Saat Terjebak Macet dan Antrean
Ilustrasi (Foto: gety Image)
Ilustrasi (Foto: gety Image)

Pringsewu, NU Online
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah mengalami kondisi di mana kita berada bersama banyak orang dengan tujuan yang sama. Kondisi ini sering menjadikan kita terjebak dalam kondisi kemacetan atau antrean dan tak jarang menimbulkan kondisi saling berebut untuk menjadi yang pertama meraih tujuan tersebut.


Menghadapi situasi ini, Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu KH Sujadi memberikan sebuah amalan dzikir yang bisa dilakukan saat menghadapi situasi kondisi kemacetan ataupun antrean. Amalan tersebut adalah dengan mengucapkan dzikir salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yakni ‘Ya Quddus’.


Menurut dia, dengan membaca dzikir ‘Ya Quddus’ berulang-ulang dalam situasi tersebut, maka antrean ataupun kemacetan yang dihadapi akan segera terurai. “Kalau sedang terjebak kemacetan di jalan, dengan membaca Ya Quddusu.. Ya Quddusu.. maka Insyaallah kondisi yang penuh dan sesak akan menjadi lapang,” katanya, Rabu (26/1/2022).


Ia mencontohkan dengan situasi kepadatan jamaah yang sedang melakukan Tawaf pada kondisi normal di Masjidil Haram. Amalan ini menurutnya bisa dilakukan guna menyibak dan melapangkan jalan. Terlebih saat akan beribadah di berbagai titik lokasi Masjidil Haram yang menjadi tempat mustajabah untuk berdoa dan biasanya dipadati dengan ribuan jamaah, seperti Hajar Aswad, Multazam, Hijr Ismail, atau Makam Ibrahim.


Ijazah amalan ini disampaikannya saat melakukan kajian tafsir ayat Al-Qur’an yang termaktub di dalamnya kata Asmaul Husna yakni Surat Al-Isra’ ayat 110. Dalam ayat ini Nabi Muhammad saw diperintahkan untuk menyeru nama Allah dengan nama-nama terbaik-Nya yang terkumpul dalam Asmaul Husna.


Dalam Kitab Tafsir Jalalain yang menjadi referensi kajian tersebut, tertulis juga sebuah hadits yang menjelaskan bahwa Allah memiliki 99 nama yang terkenal dengan nama Asmaul Husna. 99 nama ini memiliki keistimewaan-keistimewaan yang salah satunya adalah sebagai doa.


Dalam artikel NU Online Tabel 99 Asmaul Husna dan Artinya, juga dijelaskan dengan gamblang tentang doa ini diikuti dalil-dalilnya yang salah satunya termaktub dalam surat al-A'raf ayat 180 yang artinya “Allah memiliki Asmaul Husna maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna (nama-nama terbaik) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan”.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×