Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Ansor-Pemuda Muhammadiyah Situbondo Kompak Dukung Tenaga Medis Corona

Ansor-Pemuda Muhammadiyah Situbondo Kompak Dukung Tenaga Medis Corona
Tampak tenaga medis RSUD dr. Abdoer Rahem, Situbondo, tengah menerima bunga dan susu kaleng dari kader Ansor dalam aksi sosial. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Tampak tenaga medis RSUD dr. Abdoer Rahem, Situbondo, tengah menerima bunga dan susu kaleng dari kader Ansor dalam aksi sosial. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Situbondo, NU Online
Kebersamaan Gerakan Pemuda Ansor dan Pemuda Muhammadiyah di Situbondo, Jawa Timur, laik diapresiasi. Hubungan kedua organisasi kepemudaan yang berbasis NU dan Persarikatan Muhammadiyah itu, tampak mesra. Hal ini terlihat saat pengurus kedua organisasi itu bersinergi dalam aksi sosial membagi-bagikan bunga dan susu kaleng terhadap para tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem,  Situbondo, Jawa Timur, Senin (20/4).

Menurut Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Situbondo, Jawa Timur, Yogie Kripsian Sah, untuk aksi dan peran-peran sosial, kerja sama perlu dilakukan dengan pihak lain agar hasilnya efektif dan jangkauannya lebih luas. Diakui Yogie, selama ini Ansor dan Pemuda Muhammadiyah Situbondo memang merajut komunikasi untuk tema-tema sosial dan kemajuan Situbondo.

Alhamdulillah, untuk program sosial terkait Corona, kami Ansor dan Pemuda Muhammadiyah bisa bersinergi,” ucapnya.

Yogie menegaskan bahwa Corona tidak hanya menjadi musuh Ansor dan Pemuda Muhammadiyah, tapi juga musuh bersama segenap anak bangsa. Korban pun berjatuhan. Para tenaga medis, katanya, merupakan sosok yang berada di garis terdepan untuk menolong korban tanpa mempedulikan risiko yang bakal menimpanya.  Bahkan terkadang  mereka menjadi korban akibat merawat  pasien yang terpapar Corona.

“Itu sudah beberapa kali terjadi, mereka (tenaga medis) meninggal karena menjalankan tugas yang mulia itu,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pemuda Muhammadiyah Situbondo, Khoirul Anam menegaskan, aksi sosial tersebut intinya adalah memberikan doa dan dukungan kepada para tenaga medis untuk terus mengabdikan tenaganya bagi penyembuhan pasien yang terjangkit Corona. Menurutnya, para tenaga medis merupakan sosok pengabdi yang loyal terhadap tugasnya. Mereka dengan telaten merawat pasien agar sembuh dan kembali ke rumahnya berkumpul bersama keluarga.

Namun sebagai manusia, tentu mereka mengalami masa-masa jenuh, apalagi yang ditangani adalah pasien yang terpapar Corona. Sehingga mereka perlu diberi dorongan semangat agar tetap fresh dalam bekerja.

“Para tenaga medis perlu kita beri dukungan agar selalu bersemangat dalam menangani pasien, lebih-lebih yang terjangkit Corona. Mereka butuh dukungan moral, apalagi menangani pasien Corona, itu jelas berisiko,” jelasnya.

Aksi sosial tersebut mendapat perhatian dari karyawan dan para  tenaga medis  RSUD dr. Abdoer Rahem, Situbondo. Para kader Ansor dan Muhammadiyah mendatangi satu persatu karyawan dan tenaga medis sambil membagikan bunga dan susu kaleng.

Sementara itu, angka pasien positif virus Corona di Kabupaten Situbondo terus bertambah. Data terbaru, dari 8 orang terkonfirmasi positif,  bertambah tiga orang, sehingga total menjadi menjadi 11 orang yang positif terjangkit Corona.

Pewarta: Aryudi AR
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×