Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Asal Muasal Kata Menara

Asal Muasal Kata Menara
Menara masjid Kudus, Jawa Tengah.
Menara masjid Kudus, Jawa Tengah.
Sukoharjo, NU Online
Alkisah, seorang murid ditugaskan oleh seorang gurunya untuk berdakwah di sebuah daerah, yang masyarakatnya menyembah api atau majusi. Tiba di daerah tersebut, ia tercengang melihat masyarakatnya suatu waktu, pergi berduyun-duyun ke sebuah bangunan yang menjulang tinggi.

“Mereka berduyun-duyun mendatangi bangunan yang sangat tinggi kemudian mereka menyembahnya,” terang PBNU KH Said Aqil Siroj, pada acara pelantikan PCNU Sukoharjo di Gedung Pendhapa Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah., Selasa (26/1) malam.

Namun, setelah diselidiki lebih dekat ternyata yang disembah bukan menaranya, melainkan api yang terdapat di dalam bangunan atasnya. “Makanya disebut dalam bahasa Arab disebut manaaroh, artinya tempat api,” lanjut Kiai Said.

Singkat cerita, sang murid terus melanjutkan dakwah di daerah tersebut. Setelah bertahun-tahun melakukan dakwah, ajaran Islam semakin diterima oleh masyarakatnya. Lalu bagaimana dengan bangunan menara tempat sesembahan kaum majusi?

“Tempat api yang selama ini menjadi tempat sesembahan kaum majusi, tidak dihancurkan, akan tetapi tetap dilestarikan, hingga sekarang,” kata dia.

Menara tadi hanya diubah fungsinya, yang sebelumnya untuk tempat sesembahan digunakan untuk mengumandangkan ajakan shalat. 

“Pada zaman dahulu, menara dinaiki ke atas untuk menngumandangkan adzan, hingga pada perkembangannya menjadi tempat untuk menaruh speaker adzan,” pungkasnya. (Ajie Najmuddin/Fathoni)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×