Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Dakwah bil-Hal, NU Sumut Salurkan Beras untuk Kaum Duafa

Dakwah bil-Hal, NU Sumut Salurkan Beras untuk Kaum Duafa
Medan, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bantuan beras kepada kaum duafa di Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Bantuan beras disalurkan Gerakan Shadaqah dan Dakwah (Gaswah) PWNU Sumut saat Safari Dakwah di Masjid Al-Ihsan Pasar V, Desa Kelumpang Kebunpada Ahad malam (12/3). Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua PWNU Sumut H. Afifuddin Lubis, Ketua Gaswah PWNU Sumut H. Khairuddin Hutasuhut  dan Wakil Ketua Lembaga Dakwah NU Sumut Ustadz H. Sariman Alfaruq.

Hadir pada acara itu, Wakil Sekretaris PWNU Sumut Emir El-Zuhdi Batubara, Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Hamparan Perak Ibnu Salman, pengurus Muslimat NU Sumut Hj Chairani Lubis, Sekretaris Gaswah PWNU Sumut Faisal Ananda Batubara, Sekretaris Desa Kelumpang Kebun Eka, serta ratusan umat Islam Desa Kelumpang Kebun dan sekitarnya.

Ketua PWNU Sumut H Afifuddin Lubis dalam sambutannya mengapresiasi Gaswah NU Sumut yang langsung bergerak melaksanakan program kerjanya begitu dibentuk beberapa waktu lalu. 

"Gaswah ini baru dibentuk  untuk menghimpun sedekah berupa beras dari umat Islam. Begitu dibentuk, mereka langsung bekerja menghimpun bantuan beras dari umat Islam dan malam ini disalurkan kepada 25 orang yang mustahik (orang yang berhak menerima). Saya berharap, gerakan penyaluran beras sekaligus Safari Dakwah ke masjid-masjid di Sumut terus dilakukan oleh Gaswah," kata Afifuddin.

Ketua Gaswah PWNU Sumut H Khairuddin Hutasuhut kepada wartawan di sela-sela kegiatan mengatakan, Gaswah merupakan dakwah bil hal (tindakan) dan bil lisan (bicara). Artinya, dalam programnya, selain Safari Dakwah juga ada penyaluran bantuan beras yang sudah dihimpun sebelumnya kepada kaum duafa.    

"Gaswah bertugas menghimpun beras dari umat Islam setiap bulan mulai dari porsi kecil hingga besar. Hasilnya disalurkan ke para mustahik saat menggelar Safari Dakwah bersama da’i dan qari di masjid ke masjid. Hal ini akan dilakukan di masjid-masjid yang ada di Sumut," kata Khairuddin didampingi Sekretaris Faisal Ananda Batubara.  

Dia menyatakan, Gaswah telah membuka posko di kantor PWNU Sumut di Jalan Sei Batanghari No 52 Medan untuk menghimpun bantuan beras dari umat Islam. "Kami juga siap menjemput sedekah beras ke alamat pemberi.  Juga dapat menghubungi kami, Khairuddin Hutasuhut (ketua Gaswah) di 081396762277, Faisal Ananda Batubara (sekretaris) 081319062815, dan Tapi Rumondang Nasution (wakil ketua) 08126021017," kata Khairuddin yang juga Wakil Sekretaris PWNU Sumut.

Sementara itu, Ustadz H Sariman Alfaruq dalam tausiyahnya menyatakan, umat Islam akan kuat jika saling memberi dan menerima. "Umat Islam jangan lagi mempersoalkan masalah-masalah khilafiyah. Tapi, ayo kita saling silaturahim, bantu-membantu untuk kekuatan umat," kata dai kondang Sumut ini. (Hamdani Nasution/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×