Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Dengan Uang Koin, LAZISNU Pringsewu Beli Unit Ambulans Baru yang Ketiga

Dengan Uang Koin, LAZISNU Pringsewu Beli Unit Ambulans Baru yang Ketiga
Unit Ambulans Baru yang Ketiga LAZISNU Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)
Unit Ambulans Baru yang Ketiga LAZISNU Pringsewu. (Foto: NU Online/Faizin)

Pringsewu, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung saat ini sudah memiliki 4 unit ambulans yang digunakan untuk membantu masyarakat dalam mengakses fasilitas kesehatan. Dua unit ambulans pertama sudah beroperasi lama dan dua unit ambulans teranyar baru saja datang di Pringsewu pada Kamis (14/4/2022).


Uniknya, ambulans ketiga LAZISNU Pringsewu ini dibeli dengan uang koin yang merupakan sedekah warga NU melalui program Kotak Koin Pondasi Akhirat. Setiap bulan, koin-koin tersebut dikumpulkan oleh para mujami (petugas dari LAZISNU) dan dimanfaatkan untuk berbagai program sosial, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Untuk program sosial, koin tersebut dialokasikan untuk berobat gratis masyarakat dan juga pembelian ambulans.


Ambulans-ambulans yang dimiliki oleh LAZISNU ini dapat digunakan masyarakat secara gratis. Selama ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan keberadaan ambulans LAZISNU Pringsewu. Bukan hanya untuk menghantar pasien atau masyarakat yang sakit dalam wilayah Pringsewu, namun juga sampai luar kota dan pulau Jawa.


Manajer Eksekutif  LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto mengatakan bahwa saat ini ambulans-ambulans yang ada ini dikelola oleh LAZISNU kecamatan. Empat kecamatan yang mengelola ambulans tersebut yakni Kecamatan Adiluwih, Pringsewu, Gadingrejo, dan Pagelaran.


“Kita menargetkan sembilan ambulans yang nantinya bisa membantu masyarakat di sembilan kecamatan yang ada di Pringsewu,” kata Kabul saat kedatangan ambulans baru tersebut di Gedung NU Pringsewu.


Target pengadaan sembilan ambulans ini didukung penuh oleh masyarakat melalui kotak koin yang setiap bulannya bisa terkumpul ratusan juta rupiah. Pada bulan Maret 2022 saja lanjut Kabul, LAZISNU Kabupaten Pringsewu berhasil mengumpulkan uang koin sedekah dan infak melalui Kotak Koin NU sebesar Rp. 156 juta lebih.


Selain untuk ambulans, koin-koin tersebut juga digunakan untuk program lainnya seperti program Jalin Kesehatan NU jalin kesehatan berobat gratis, persalinan, meninggal dunia, guru ngaji, santunan yatim piatu, Jumat berkah, beasiswa pendidikan, kambing berkah, ekonomi produktif, dan peduli bencana.


Koin tersebut juga disalurkan bantuan untuk renovasi masjid, mushala, pesantren, Ambulans Siaga, bedah rumah, griya Tahfidz, pengadaan ambulans, rintisan pendirian klinik, sunatan massal, bank darah, dan bantuan sosial lainnya.


Selain melalui koin, Kabul menambahkan, bagi masyarakat luas yang ingin berzakat dan berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkannya melalui rekening atas nama LAZISNU Pringsewu berikut ini: Zakat 035801016988536 (BRI) atau 7921715860 (BSI), Infak 035801016989532 (BRI) 7917203800 (BSI) 9010400001 (BMT NU Pringsewu) 7459559010400001 (VA Muamalat). Hotline: 085269607010.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×