Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Dalam Satu Bulan, LAZISNU Pringsewu Kumpulkan Uang Koin 156 Juta Lebih

Dalam Satu Bulan, LAZISNU Pringsewu Kumpulkan Uang Koin 156 Juta Lebih
Ilustrasi uang koin
Ilustrasi uang koin

Pringsewu, NU Online
Pada bulan Maret 2022, Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung berhasil mengumpulkan uang koin sedekah dan infak melalui Kotak Koin NU sebesar Rp. 156.456.870. Uang koin ini merupakan hasil penggalangan dalam satu bulan yang dilakukan oleh para mujami’ (petugas penarik/pengumpul koin) di tingkat ranting dan kecamatan.


Dalam setiap bulannya, LAZISNU Pringsewu terus mendapatkan kepercayaan mengelola sedekah koin dari masyarakat melalui kotak bernama Kotak Koin Pondasi Akhirat yang jumlahnya mencapai ribuan kotak dan tersebar di kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Koin dari kotak tersebut, dikelola dan disalurkan kembali kepada masyarakat melalui berbagai program di bidang sosial, kesehatan, agama, pendidikan dan sejenisnya.


Di antaranya adalah program Jalin Kesehatan NU jalin kesehatan berobat gratis, persalinan, meninggal dunia, guru ngaji, santunan yatim piatu, Jumat berkah, beasiswa pendidikan, kambing berkah, ekonomi produktif, dan peduli bencana.


“Untuk bulan Maret 2022 ini, Kecamatan Adiluwih berhasil  mengumpulkan koin terbanyak mencapai lebih dari 49 juta rupiah,” ungkap Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarto di Kantor PCNU Pringsewu, Rabu (6/4/2022).


“Dari koin tersebut juga disalurkan bantuan untuk renovasi masjid, mushala, pesantren, Ambulans Siaga, bedah rumah, Al-Qur’an Center, pengadaan ambulans, rintisan pendirian klinik, sunatan massal, bank darah, dan bantuan sosial lainnya,” paparnya


Koin tersebut juga dialokasikan untuk pembelian kendaraan Ambulans yang diperuntukkan untuk membantu masyarakat dalam penanganan transportasi kesehatan gratis. “Dalam bulan April ini, kita akan kedatangan 1 unit kendaraan ambulans baru yang merupakan ambulans ketiga yang dimiliki LAZISNU Pringsewu,” imbuhnya.


Selain melalui koin, pengadaan kendaraan ambulans ini juga dilakukan melalui penggalangan dana pembelian yang dilakukan terpisah dari koin. “Alhamdulillah penggalangan dana pembelian ambulans bisa menambahi dana untuk pembelian kendaraan menggunakan koin,” jelasnya.


Kabul menambahkan, bagi masyarkat luas yang ingin berzakat dan berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkannya melalui rekening atas nama LAZISNU Pringsewu berikut ini: Zakat 035801016988536 (BRI) atau 7921715860 (BSI), Infak 035801016989532 (BRI) 7917203800 (BSI) 9010400001 (BMT NU Pringsewu) 7459559010400001 (VA Muamalat). Hotline: 085269607010.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×