Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gandeng NU, Pemkab Mesuji Data Katarak dan Sumbing

Gandeng NU, Pemkab Mesuji Data Katarak dan Sumbing

Mesuji, NU Online
Pemerintah Kabupaten Mesuji, Lampung, menggandeng Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) untuk mendata warga tidak mampu penderita penyakit katarak dan bibir sumbing yang memerlukan penanganan melalui operasi.
<>
Langkah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Mesuji guna memfasilitasi warga yang tidak dapat mengobati penyakit tersebut.

“Jadi operasi katarak ataupun bibir sumbing masih menjadi mimpi bagi warga tidak mampu, ujar Bupati Mesuji Khamami yang dirilis oleh Fajar Sumatera, Rabu (2/10).

Selain kendala biaya, tambah Khamami, bagi mereka yang sudah memiliki kartu Jamkesmas juga belum paham tata cara penggunaannya. Karena itulah diperlukan  uluran tangan agar warga kurang mampu dapat mengobati penyakitnya.

Khamami  menilai selama ini PCNU Mesuji termasuk organisasi yang terus berperan aktif  di  masyarakat. Inilah kemudian yang menjadi alasan Khamami menggandeng PCNU Mesuji untuk melakukan pendataan bagi warga yang kurang berutung tersebut

“Pendataan yang telah dilakukan PCNU Mesuji beberapa waktu ini cukup efektif.  Ini tebukti, sampai dengan saat ini  telah lebih dari  60 orang  yang telah menjalani operasi katarak dan bibir sumbing,” ujar Khamami.

Ketua PCNU Kabupaten Mesuji, Abdul Karim Mahfudz ketika dikonfirmasi menjelaskan, pendataan yang dilakukan PCNU bertujuan memfasilitasi warga. Selanjutnya mereka akan membantu tata cara rujukan ke rumah sakit dan dengan berkoordinasi kepada dinas terkait.

“Kami hanya memfasilitasi pendataan di lapangan, pengurusannya dengan memanfaatkan kartu Jamkesmas yang memang telah dimiliki warga. Bagi warga yang tidak memiliki kartu Jamkesmas, pembiayaannya dibantu Pemkab Mesuji,” pungkasnya. (Ahmad Rosyidi/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×