Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Gandeng Rijalul Ansor, Banser Demak Bakal Gelar Ngaji Posonan Virtual

Gandeng Rijalul Ansor, Banser Demak Bakal Gelar Ngaji Posonan Virtual
Foto: Ilustrasi (NU Online)
Foto: Ilustrasi (NU Online)
Demak, NU Online
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna ( Banser)  Kabupaten Demak, Jawa Tengah akan menggelar kegiatan ngaji virtual posonan  dalam bulan puasa ramadhan 1441 H.
 
Kepala Satkorcab Banser Demak Teguh Ali Irfan mengatakan, rencana pengajian online ini merupakan usulan dari beberapa personil Banser yang terinspirasi dari kegiatan Doa Bersama dan Pertaubatan Global yang digelar PBNU dan diikuti nahdliyin di seluruh dunia melalui online, Kamis (9/4).
 
"Dalam satu bulan terakhir anggota Banser di Demak terforsir tenaga dan pikirannya untuk mengawal program NU dalam mencegah wabah virus Corona," kata Teguh di Demak, Ahad (12/4).
 
Selain itu juga terforsir mengawal berbagai penyiapan kegiatan penanganan warga terdampak pencegahan virus covid-19. Mereka rindu nasehat-nasehat kiai di forum pengajian, terutama ngaji posonan. 
 
"Nasehat kiai bagi anggota Banser adalah vitamin batin yang menumbuhkan iman, jiwa, dan raganya," ucapnya.
 
Dikatakan, namun hampir dipastikan keinginan itu tidak bisa dipenuhi karena para kiai harus memenuhi maklumat di saat pandemi corona seperti sekarang ini  yakni  menghindari kerumunan, padahal ngaji posonan identik dengan kerumunan.
 
Menurutnya, setelah mengikuti istighotsah NU sedunia itu, mereka mendesak Satkorcab Banser Demak untuk menggelar ngaji posonan virtual yang dipandu dari Kantor PCNU Demak, Jalan Sultan Fatah.
 
"Keinginan itu langsung disanggupi karena dari sisi perangkat IT maupun sumberdaya manusia (SDM) NU khususnya Banser sudah memenuhinya.
 
 "Setelah pertemuan singkat pimpinan Banser, kami siapkan kegiatan pengajian online ini, pengasuhnya para kiai muda NU yang aktif di Ansor dan tergabung dalam wadah Rijalul Ansor," kata Teguh.
 
Dia menambahkan, saat ini juga sejumlah gus sedang berembuk mengatur jadwal menentukan kitab apa yang dibaca dan alokasi waktunya. Para personil Banser ingin waktu ngajinya pada malam hari atau setelah shalat taraweh.
 
"Setelah ngaji diusulkan ada agenda ramah tamah untuk menyampaikan berbagai perkembangan organisasi, jadi pada malam ramadhan nanti Banser Demak ngaji sekaligus konsolidasi. 
 
Rencana kegiatan ini sedang dimatangkan dan akan dikonsultasikan kepada NU," pungkasnya.
 
Sekretaris PCNU Demak Abdul Hamid mengatakan, gagasan Banser itu bagus sekali. Sebagai orang tua, NU sangat mendukung.
 
 "Silahkan fasilitas yang ada di kantor cabang dimanfaatkan, kegiatan ini menjadi alternatif sehubungan dengan adanya larangan untuk tidak mendekati kerumunan atau menciptakan kerumunan selama darurat Corona," ujarnya.
 
Ngaji online ini lanjutnya, diharapkan juga dapat menginspirasi warga NU di Demak untuk memanfaatkan fasilitas IT dalam menjalankan konsolidasi oraganisasi atau menjalankan amanat organisasi lainnya.
 
Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×