Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

IKA PMII Rembang Malam Ini Adakan Doa untuk Gus Iim

IKA PMII Rembang Malam Ini Adakan Doa untuk Gus Iim
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Rembang, NU Online
Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (8/8) malam ini akan mengadakan 'Tahlil dan Doa Bersama untuk Gus Iim'.

 

"Kita merasakan bahwa pemikir-pemikir di NU sangat luar biasa banyaknya. Dan ternyata titisan Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari menyertai putra dan cucu beliau. Seperti tokoh Gus Dur, Gus Sholah, dan Gus Iim yang seminggu yang lalu meninggalkan kita," jelas Sekretaris PCNU Rembang Muhtar Nur Halim kepada NU Online, Sabtu (8/8).

 

Disampaikan, mereka adalah pemikir-pemikir yang luar biasa. Perilakunya adalah cerminan dari KH Hasyim Asy'ari, jika kita membaca dari manaqib Hadratus Syekh KH Hasyim Asy'ari.

 

"Satu hal yang tidak boleh kita tinggalkan dari Gus Iim adalah kesederhanaannya, pemikiran-pemikiran beliau adalah untuk masyarakat banyak," katanya.

 

Ia menambahkan, Gus Iim ini adalah sederhana, yang selalu berpikir populis, ketaatannya kepada Allah sangat kuat, dan perilakunya mencintai kepada masyarakat.

 

KH Hasyim Wahid (Gus Iim) telah berpulang ke rahmatullah. Gus Iim dikenal sebagai sosok Nahdliyin yang pernah menempati jabatan di lembaga pemerintahan. Gus Iim lahir di Jakarta pada 30 Oktober 1953. Dia merupakan putra bungsu dari KH Wahid Hasyim. Dengan kata lain, Gus Im adalah cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asyari.

 

"Satu hal lagi, Gus Iim adalah salah satu orang yang dihatinya sangat mencintai Indonesia, yang seperti ungkapan dari syair lagu Subbanul Wathon itu. Banyak kawan kader-kader NU tidak mengetahui siapa Gus Iim sebenarnya, nanti malam kita akan bersama mengulas kepribadian dan suri tauladan yang dapat kita ambil dari beliau," tutup Muhtar yang juga akan menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut.

 

Rencananya acara tersebut akan dilaksanakan di Pendopo Tejakusuman Lasem, Kabupaten Rembang, mulai pukul 19.30 WIB. Selain Tahlil dan Doa untuk Gus Iim, pihak panitia juga akan mengadakan Ngobrol Bersama dengan tema, 'Mengurai Gagasan dan Melanjutkan Pergerakan Gus Iim dalam Bingkai Islam Nusantara'.

 

Dalam acara tersebut juga akan dihadiri oleh H Abdul Aziz, H Ahmad Muallif, H Gong Cholili, H Athoillah dan masih banyak lagi narasumber dan kader PMII lainnya.

 

Kontributor: Aan Ainun Najib
Editor: Abdul Muiz
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×