Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ini Harapan Wakil Ketua Umum PBNU terhadap UIN KHAS Jember

Ini Harapan Wakil Ketua Umum PBNU terhadap UIN KHAS Jember
Wakil Ketua Umum PBNU Prof KH Maksum Machfoedz. (Foto: NU Online/tangkapan layar You Tube)
Wakil Ketua Umum PBNU Prof KH Maksum Machfoedz. (Foto: NU Online/tangkapan layar You Tube)

Jember-NU Online
Transformasi status  IAIN Jember  menjajdi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember), mendapat respon dari banyak pihak. Salah satunya adalah Wakil Ketua Umum PBNU Prof KH Maksum Machfoedz.


Kiai Maksum berharap agar semua perguruan tinggi Islam, khususnya UIN KHAS Jember untuk terus mampu menyiarkan fatwa-fatwa agama Islam dan membantu menuntaskan persoalan bangsa.


“Saya turut bangga dengan peralihan IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember ini, tentu banyak harapan dari berbagai pihak. Semoga ke depan kampus ini mampu memberikan warna baru untuk bangsa yang lebih baik dan maju,” tutur Kiai Maksum dalam acara halal bi halal secara Daring Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Jawa Timur, Rabu (2/6).


Transformasi nama tersebut, Rektor Unusia Jakarta itu menyebutnya sebagai anugerah dan berkah yang luar biasa. Dengan itu, ia meminta agar semua bersama-sama dalam membangun sifat kekeluargaan antar sesama.


“Kita harus bisa mengawali dengan saling memaafkan, menyayangi, saling mengasihi dan tidak boleh saling membenci,” pesan Kiai Maksum dalam tausiahnya.


Di sisi lain, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Prof Muhammad Noor Harisudin menegaskan agar peralihan IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember tidak hanya sekadar perubahan nama saja, maka harus diikuti dengan perubahan dalam berfikir dan bertindak dari segenap pengelola kampus kebanggaan Jember tersebut.


“Berfikirnya harus lebih global, bertindaknya harus lebih rasional, jejaringnya  harus lebih luas bahkan internasional tentunya yang memberikan dampak kemanfaatan kepada seluruh elemen bangsa ini,” tegas Prof Harisudin.


Sementara itu, Rektor UIN KHAS Jember, Prof Babun Suharto menyatakan bahwa penyematan nama KH Achmad Siddiq di belakang nama UIN, yaitu sebagai bentuk penghormatan kepada KH Achmad Siddiq atas pikiran dan gagasannya  bagi bangsa dan negara ini.


“Saya mengajak untuk semuanya bersama-sama membangun UIN KHAS Jember, termasuk juga untuk selalu mengamalkan pesan-pesan KH Achmad Siddiq,” ujar Prof Babun .


Kontributor : M. Irwan Zamroni Ali
Edit or: Aryudi A Razaq

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×