Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kaderisasi dan Militansi Jadi Program Prioritas IPNU Mesuji

Kaderisasi dan Militansi Jadi Program Prioritas IPNU Mesuji
Pengurus IPNU Mesuji
Pengurus IPNU Mesuji
Mesuji, NU Online
Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Mesuji, Lampung Winarso mengatakan, program kerja organisasi pelajar NU yang dinahkodainya selama dua tahun ke depan akan difokuskan pada pengkaderan. Ini ditujukan untuk meningkatan kuantitas dan kualitas kader sekaligus meningkatkan jiwa militansi anggota.

"Arah kompas pergerakan IPNU bersama IPPNU dua tahun ke depan itu bagaimana langkah-langkah kaderisasi, meningkatkan jiwa militansi kader, membentengi para pelajar dengan semangat Ahlussunnah wal Jama'ah, membendung paham-paham wahabi, radikal transnasional yang akhir-akhir ini menjadi isu penting di bumi Nusantara ini," ungkap Winarso kepada NU Online, Selasa (6/11).

Hal tersebut penting karena saat ini paham Islam transnasional dan pengusung wahabi, khilafah dan paham-paham lainnya terus bergerak menggerogoti paham Islam Aswaja An Nahdliyah dari berbagai lini khususnya di sekolah-sekolah. Dengan menyusup ke dalam organisasi-organisasi pelajar, paham ini dengan terstruktur mendoktrin para pelajar dan pemuda sehingga terpengaruh paham mereka.

"Ini sangat mengkhawatirkan jika tidak dibendung. Kader-kader NU bisa salah jalan dan terkontaminasi paham-paham lain di luar NU," ujarnya.

Program kerja strategis ini lanjutnya sudah dirumuskan dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) IPNU Mesuji yang dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2018 lalu. Untuk sosialisasi program ini, pihaknya akan melakukan kunjungan ke tujuh kecamatan di Mesuji.

"Kita akan Kopdar di tujuh kecamatan di Kabupaten Mesuji sekaligus upaya pelebaran sayap kaderisasi sehingga IPNU dan IPPNU dapat dikenal di pelosok Mesuji. Kita awali di Kecamatan Rawajitu Utara," jelas Winarso yang bersama kepengurusan IPNU lainnya dilantik pada 3 Oktober 2018 lalu.

Memaksimalkan program ini, IPNU dan IPPNU sudah berkoordinasi dengan Pengurus Cabang NU Kabupaten Mesuji. Menurut Winarso, Ketua PCNU Mesuji sangat mendukung langkah strategis organisasinya demi terwujudnya jamiyyah NU yang kuat di Mesuji.

"Nadlatul Ulama merupakan ormas terbesar di Indonesia dengan komposisi badan otonom, salah satunya IPNU dan IPPNU. Jika semua banom maksimal dalam kaderisasi dan saling bersinergi maka NU khususnya di Mesuji akan lebih kuat," katanya mengungkapkan optimisme ketua PCNU Mesuji. (Red: Muhammad Faizin)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×