Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kiai Abdul Karim Lirboyo: Santri, Jadilah Paku!

Kiai Abdul Karim Lirboyo: Santri, Jadilah Paku!
Grobogan, NU Online
Setiap kali ada santri yang pamit pulang (boyong) dari pesantren, kiai kharismatik yang juga pengasuh Pesantren Lirboyo, Kediri Kiai Abdul Karim sering berpesan kepada para santri-santrinya, "Kamu mondok bertahun-tahun, kalau pulang jadilah paku!"

Demikian diceritakan KH Muhammad Shofi Al Mubarok Baedlowie dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar di Madrasah Diniyyah Tajul Ulum, Brabo, Tanggungharjo Grobogan, Jawa Tengah, (Sabtu, 22/10).

Ia menjelaskan, rumah tak akan berdiri kokoh tanpa paku, kehadirannya bisa merekatkan kayu yang masing-masing tidak satu arah, ada yang membujur dan melintang, semua disatukan oleh paku.

Di depan lebih dari 2 ribu santri, Pengasuh Pesantren Sirojuth Tholibin ini menegaskan tentang keikhlasan paku yang patut diteladani oleh santri.

"Walaupun paku itu jasanya sangat besar, karena tanpanya tidak akan berdiri sebuah rumah yang kokoh, meski begitu, paku tidak pernah tampak jasanya. Santri pun demikian, kebaikan-kebaikannya tak perlu tampak di mata masyarakat. Bahkan, paku kalau muncul sedikit, harus dipalu lagi supaya tak tampak"

Terakhir, ia memberikan pelajaran, paku kecil membutuhkan martil kecil, semakin besar paku juga tambah besar martil yang digunakan untuk membuat ia bermanfaat. Begitu pula santri, semakin besar kedudukan atau derajatnya, semakin besar pula cobaan yang ia terima sesuai kadar masing-masing orang yang berbeda. (Mundzir/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×