Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ma'arif NU Tasikmalaya Kuatkan Moderasi Beragama

Ma'arif NU Tasikmalaya Kuatkan Moderasi Beragama
Moderasi agama menjadi solusi jalan tengah dalam memahamai dan mengamalkan agama ditengah kemajumukan bangsa.
Moderasi agama menjadi solusi jalan tengah dalam memahamai dan mengamalkan agama ditengah kemajumukan bangsa.

Tasikmalaya, NU Online

Moderasi agama menjadi solusi jalan tengah dalam memahamai dan mengamalkan agama ditengah kemajumukan bangsa.

 

H Adib, Kepala Kanwil Kemanag Jawa Barat menyampaikan hal itu pada seminar pendidikan yang diadakan secara virtual oleh LP Ma'arif NU, Sabtu (8/8).

 

Adib menjelaskan akan pentingnya pemahaman keagamaan yang tidak ekstrem kanan atau kiri. Karena itu, pemahaman keagamaan tidak boleh terlalu tekstual, sebab akan menghasilkan pemahaman keagamaan yang konservatif.

 

"Selain itu juga tidak boleh terlalu kontekstual karena akan menghasilkan pemahaman agama yang liberal," imbuh dosen Pascasarjana IAIN Syek Nur Jati Cirebon, Jawa Barat ini.

 

Narasumber kedua Hj Ulpiah, Guru Besar Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung sekaligus ketua LP Maarif PWNU Jabar menguraikan tentang pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

 

"Dibutuhkan kerativitas guru untuk mengatasi berbagai kendala proses pembelajaran jarak jauh melalui daring. Banyak fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk pembelajaran daring," jelasnya. 


Pada seminar bertema Peningkatan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Melalui Moderasi Beragama Era Revolusi Industri 4.0 diikuti para tenaga pengajar yang bernaung di lingkungan LP Ma’arif dan Pergunu. Selain itu hadir para dai-daiyah dari LDNU Kota Tasikmalaya.


Ketua LP Ma’arif NU Kota Tasikmalaya yang sekaligus ketua panitia H Dudu Durrohman menjelaskan bahwasanya tema moderasi beragama merupakan isu yang sangat penting dalam memahamai dan mengamalkan agama ditengah masyarakat majemuk.

 

"Sehingga seminar pendidikan sangat penting untuk memberikan penguatan kepada guru-guru Ma’arif NU dan Pergunu supaya lebih memberi pencerahan terkait moderasi beragama," katanya.

 

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Aslim saat membuka acara menjelaskan akan pentingnya silaturahim KBNU Kota Tasikmalaya. Selanjutnya ia juga menjekaskan terkait konsep moderasi beragam yang sangat sesaui dengan konsep beragama NU yaitu tawasuth (jalan tengah), i'tidal (tegak lurus), tasamuh (toleran), dan tawazun (seimbang).

 

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×