Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

Magnet Warung Kopi Klotok Hingga Dikunjungi Wapres-Najwa Shihab

Magnet Warung Kopi Klotok Hingga Dikunjungi Wapres-Najwa Shihab
Suasana asri Warung Kopi Klotok di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Suasana asri Warung Kopi Klotok di Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Sleman, NU Online
Sejumlah tokoh besar Indonesia mulai dari Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin hingga jurnalis dan presenter kondang Najwa Shihab diketahui pernah menyambangi warung unik di Sleman yang satu ini: Kopi Klotok. Berkunjung ke restoran sekaligus tempat ngopi di tengah sawah ini dapat membayar lunas rasa rindu pada nuansa asri pedesaan.


Kopi Klotok berlokasi di Jalan Kaliurang Nomor Km 16, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berlokasi di tengah persawahan, Kopi Klotok menawarkan sejumlah hal yang jarang orang kota temui.


Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan rasa khas dari masakan di Kopi Klotok merupakan magnet yang membawanya berkunjung ke sana. Ia menyebut bahwa menyantap suguhan hidangan di Kopi Klotok membawa ingatannya kembali pada masakan sang orang tua.


“Masakannya enak, jadi ingat masakan orang tua saya dulu. Sukses terus Kopi Klotok dan pertahankan cita rasa ala masakan rumahan yang selalu ngangenin,” tulis Wapres Ma'ruf Amin pada papan di ruang utama Kopi Klotok, lengkap dibubuhi tanda tangan.


Kopi Klotok menawarkan sejumlah pilihan makanan yang identik dengan makanan rumahan. Antara lain, lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluwih, lodeh terong, sayur asem, dan sego megono. Selain itu, terdapat hidangan ikonik yang paling sering diincar pengunjung, yakni telur krispi dan pisang goreng.


Saat dijumpai NU Online di lokasi beberapa waktu lalu, salah satu pengunjung Kopi Klotok, Cholida Nur Fajri, mengatakan bahwa pisang goreng Kopi Klotok berbeda dari pisang goreng pada umumnya. Teksturnya yang halus membuatnya rela mengantre untuk mendapatkan bahkan seporsi pisang goreng tersebut.


“Pisang gorengnya beda. Menurutku beda di tepungnya. Halus gitu, nggak grenjel-grenjel kayak tepung di pisang goreng biasa. Enak deh,” ujarnya.


Harga yang ditawarkan pun variatif. Aneka sayur dibanderol Rp 6.500 per porsi, aneka minuman mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 6.500, telur kripsi Rp 6.500 per porsi, pisang goreng Rp6. 500 per porsi, dan lain-lain.


Selain hidangannya yang khas, Kopi Klotok berhasil mengusung konsep restoran asri dengan memamerkan langsung keindahan sawah yang terbentang di hadapan bangunan restoran. Bangunan Kopi Klotok kental nuansa Jawa dan terkesan bak ‘rumah nenek’.


Bangunan tersebut juga diisi oleh sejumlah ornamen kayu seperti radio kayu dan ukiran-ukiran yang artistik. Tidak berhenti di situ, sepeda onthel klasik yang ada di sana juga menguatkan kesan ‘pulang kampung’ kepada para pengunjung.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa 
Editor: Musthofa Asrori



Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya