Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Masyarakat Pringsewu Diimbau Berada di Rumah dan Hindari Gelar Hajatan

Masyarakat Pringsewu Diimbau Berada di Rumah dan Hindari Gelar Hajatan
Landmark Kabupaten Pringsewu. (Foto:Istimewa)
Landmark Kabupaten Pringsewu. (Foto:Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung H Taufik Qurrohim menilai positif langkah pemerintah daerah setempat yang mengeluarkan edaran untuk membatasi kegiatan yang mengumpulkan masa dalam jumlah banyak. Hal ini sebagai wujud ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.
 
"Hal ini juga sesuai dengan kebijakan intern Nahdlatul Ulama di Lampung yang sudah diterbitkan oleh PWNU Lampung berupa instruksi kepada seluruh pengurus NU, lembaga, badan otonom di semua tingkatan untuk menunda seluruh kegiatan yang melibatkan massa sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 atau sampai dengan pemberitahuan selanjutnya," katanya, Selasa (24/3).
 
H Taufik mendukung pemerintah sekaligus mengimbau pada warga NU di Pringsewu untuk mematuhi edaran bupati nomor 1 tahun 2020 tentang antisipasi dan kesiap siagaan menghadapi virus Corona. Masyarakat dianjurkan tetap berada di rumah dan tidak keluar bila tidak ada kegiatan yang mendesak.
 
"Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri," kata Bupati Pringsewu KH Sujadi kepada NU Online.
 
Bentuk kegiatan yang dihindari tersebut seperti bentuk kegiatan keagamaan, seminar, lokakarya, sarasehan, kegiatan kesenian, musik, festival, bazar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga (hajatan), kegiatan olahraga, unjuk rasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lainnya yang menyebabkan berkumpulnya massa.
 
"Masyarakat juga harus tenang dan tidak panik serta tidak melakukan pembelian bahan pokok secara berlebihan, menjaga kesehatan dengan menguatkan daya tahan tubuh, menjaga pola hidup bersih dan sehat, terutama dengan selalu mencuci tangan memakai sabun," tambah Kiai Sujadi yang juga Mustasyar PCNU Pringsewu ini.
 
Langkah-langkah ini tambahnya, bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penanganan cepat dan tepat agar penyebaran virus Corona tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap Kamtibmas. 
 
"Kita semuanya agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga ujian ini segera berlalu dan dapat kita ambil hikmahnya. Hanya dari kita dan oleh kita semua cobaan berupa virus Corona ini dapat segera diselesaikan. Semoga kepatuhan terhadap langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh pemerintah menjadikan amal ibadah kita semua," pungkasnya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×