Home Lapsus Warta Fragmen Quran New Keislaman Ramadhan Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Khutbah Cerpen Ubudiyah Daerah Sirah Nabawiyah Seni Budaya Internasional Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Mart Pesantren Yasmida, Pertama di Pringsewu Lampung

NU Mart Pesantren Yasmida, Pertama di Pringsewu Lampung
Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu H Muhammad Faizin, saat meresmikan NU Mart di Pesantren Yasmida Ambarawa, Pringsewu, Lampung, Sabtu (6/3) siang. (Foto: istimewa)
Sekretaris PCNU Kabupaten Pringsewu H Muhammad Faizin, saat meresmikan NU Mart di Pesantren Yasmida Ambarawa, Pringsewu, Lampung, Sabtu (6/3) siang. (Foto: istimewa)

Pringsewu, NU Online
Peresmian NU Mart di Pesantren Yasmida Ambarawa, Pringsewu, Lampung pada Sabtu (6/3) siang menandai berdirinya NU Mart pertama di Kabupaten Pringsewu. Toko modern yang digagas oleh Lembaga Perekonomian NU Lampung ini merupakan usaha untuk memaksimalkan potensi ekonomi khususnya pesantren, melalui manajemen profesional dan kekinian.

 

Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu H Muhammad Faizin, saat meresmikan NU Mart tersebut mengatakan, pemberdayaan ekonomi menjadi sektor penting yang terus diwujudkan NU Pringsewu. Hal ini sesuai dengan amanat Muktamar ke-33 NU di Jombang selain dua sektor lain, yakni pendidikan dan kesehatan.

 

"Kita berharap, NU Mart di Pesantren Yasmida ini akan menjadi pioner dan menginspirasi pesantren lain untuk mendirikan NU Mart di Pringsewu," katanya dalam rilis yang diterima NU Online, Sabtu (6/3) sore.

 

Pihaknya berharap keberadaan NU Mart ke depan bukan hanya berbasis pesantren, namun bisa lebih tersebar di berbagai lokasi strategis dan setara dengan toko modern yang saat ini menjamur di berbagai tempat.

 

 

Sementara itu, Komisaris Utama PT NU Mart Sejahterakan Indonesia, Maskut Chandranegara, mengatakan bahwa NU Mart di Pesantren Yasmida ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya berdiri di Pesantren Al Hikmah Bandarlampung.

 

"Kita menargetkan sebelum Lebaran Idul Fitri sudah ada empat NU Mart berbasis Pesantren yang sudah beroperasi. 2021 ini kita menargetkan sepuluh NU Mart sudah berdiri di Provinsi Lampung," kata Maskut yang juga Wakil Sekretaris PWNU Lampung ini.

 

Ia mengatakan, banyak daerah yang antusias untuk didirikan NU Mart. Bukan hanya di Lampung, permintaan juga datang dari berbagai daerah di luar Provinsi Lampung. Saat ini, pihaknya sedang melakukan kajian melalui survei di tujuh daerah, di antaranya di Pesantren Tribakti Lampung Timur dan Pesantren Darul Amal Kota Metro.

 

"Kami optimis NU Mart akan dapat berkembang dengan baik karena perkembangan NU Mart pertama di Pesantren Al Hikmah sangat menggembirakan," ungkapnya.

 

 

Dalam manajemennya, lanjut Maskut, NU Mart menerapkan sistem digital di mana segala transaksinya menggunakan software khusus seperti toko modern. Dengan sistem online ini, perkembangan NU Mart bisa terlihat langsung.

 

Sementara Pengasuh Pesantren Yasmida KH Sobri Dinal Musthofa menyatakan bersyukur dengan masuknya NU Mart di pesantrennya. Ia berharap dengan ini, pemberdayaan sektor ekonomi pesantren tersebut akan lebih maksimal. 

 

"Saat ini kami sudah memiliki berbagai macam usaha ekonomi di antaranya melalui NU Mart ini, Koperasi Pesantren yang menangani konveksi, dan juga peternakan dan penggemukan kambing," ungkapnya.

 

 

Menandai peresmian tersebut, dilakukan penandatanganan kerja sama antara NU Mart dengan Pesantren Yasmida yang disaksikan oleh para ustadz dan kepala lembaga pendidikan formal pesantren tersebut.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×