Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Peringatan HUT RI, Momentum Jihad Kebangsaan

Peringatan HUT RI, Momentum Jihad Kebangsaan
Ilustrasi upacara bendera Hari Kemerdekaan RI oleh para santri. (Foto: NU Online)
Ilustrasi upacara bendera Hari Kemerdekaan RI oleh para santri. (Foto: NU Online)

Pidie Jaya, NU Online

Ketua PCNU Kabupaten Pidie Jaya Tgk Ikhwani Daudsyah menyebut bahwa peringatan HUT RI merupakan jihad kebangsaan. Peran santri sangat menentukan dan menjadi kunci keberhasilan dalam mengimplementasikan nilai-nilai kemerdekaan. Santri di era digital juga diharapkan mampu menjawab tantangan dan problemantika di setiap zaman.


"Santri era ini dikenal sebagai generasi milenial. Peran santri milenial hendaknya mampu mewarnai dinamika kemajuan bangsa dengan karya dan berbagai kontribusi aktif di dalamnya," ujar Tgk Ikhwani yang pengasuh Dayah Sirajul Huda Al-Aziziyah Meurueudu Kabupaten Pidie Jaya.


Ia mengatakan kehidupan santri saat ini dihadapkan pada pengaruh media dan informasi. Perilaku-perilaku seperti cara berpakaian, musik favorit, kisah asmara, sampai kepada way of life santri mengalami berbagai macam perubahan.


"Tentunya perubahan dapat bernilai negatif maupun positif tergantung bagaimana santri dapat memfilternya. Tentunya dengan tidak meninggalkan identitasnya sebagai santri," paparnya.


Pernyataan senada juga diungkapkan Tgk Iswadi Laweung Pimpinan Dayah LPI Nurul Arifah al-Aziziyah Samalanga menyebutkan santri identik dengan lingkungan agamis. Kehidupan santri juga lekat dengan jiwa yang religius dan sikap sosial yang akomodatif.


“Semua aktivitas pendidikan dipandang sebagai ibadah kepada Allah dan merupakan bagian integral dari totalitas kehidupan keagamaan," ungkap pengurus PCNU Bireuen itu.


Tgk Iswadi juga mendorong agar santri memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi dan daya nalar kritis dalam menyikapi setiap persoalan yang ada.


“Setidaknya santri bisa mempersiapkan dirinya agar bisa menjadi pelopor kemajuan peradaban di Indonesia," tandasnya.


Kontributor: Helmi Abu Bakar

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×