Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Perkuat Kaderisasi, Ansor Simalungun Gelar Diklatsar Banser Selama 4 Hari

Perkuat Kaderisasi, Ansor Simalungun Gelar Diklatsar Banser Selama 4 Hari
Ketua PW GP Ansor Sumut, H Adlin Umar Yusri Tambunan.bersama Ketua PCNU Simalungun dan para tokoh Nahdliyin. (Foto: Dok. Ansor Simalungun)
Ketua PW GP Ansor Sumut, H Adlin Umar Yusri Tambunan.bersama Ketua PCNU Simalungun dan para tokoh Nahdliyin. (Foto: Dok. Ansor Simalungun)

Simalungun, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) selama 4 hari, Kamis-Ahad, 3-6 Maret 2022, di Pesantren Darul Hikmah Simalungun, Sumut.


Kegiatan dibuka pada Kamis (3/3/2022) sore oleh Ketua PW GP Ansor Sumut, H Adlin Umar Yusri Tambunan. Dalam sambutannya, ia mengatakan kepada seluruh peserta Diklatsar Banser agar mengikuti dengan sungguh-sungguh.


“Kaderisasi merupakan salah satu program pokok PW GP Ansor Sumatra Utara. Melalui proses kaderisasi yang dilalui, diharapkan lahir calon-calon generasi penerus bangsa ynag militan, berakhlak mulia, cinta kepada agama dan Tanah Air,” kata Adlin dalam rilis yang diterima NU Online, Sabtu (5/3/2022).


Pria yang juga Wakil Bupati Serdang Bedagai ini kembali menegaskan bahwa dalam kaderisasi bukan berorientasi kepada kuantitas atau banyaknya jumlah peserta. Akan tetapi, output yang diharapkan adalah kader yang militan.


Wakil Sekretaris PW GP Ansor Sumut, Arjuna, yang hadir mendampingi Adlin  menambahkan bahwa GP Ansor sebagai organisasi yang memiliki pandangan bahwa Pancasila final dan NKRI harga mati, tantangannya semakin berat.


“Oleh karena itu, perlu memperkuat kaderisasi di kalangan remaja dan pemuda Indonesia saat ini maupun di lingkungan GP Ansor dengan pemberdayaan kader,” kata Arjuna, Sabtu (5/3/2022).


Upaya perkuat kader
Sebelumnya, Ketua PC GP Ansor Simalungun Eko Satria Yogi Simanjuntak menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat menangkal upaya dari sekelompok orang yang mencoba merusak mental generasi muda dengan paham yang bertentangan dengan ideologi negara.


Eko melaporkan bahwa Diklatsar Banser yang diikuti oleh 40 peserta ini diisi dengan materi Ke-Aswaja-an, Ke-NU-an, Ke-Ansor-an, Ke-Banser-an, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Peraturan Baris Berbaris, Caraka, dan materi lainnya.


“Diklatsar Banser ini sebagai upaya memperkuat kader di lingkungan PC GP Ansor Simalungun. Tindak lanjut dari kegiatan ini sudah direncanakan pelaksanaan Kursus Banser Lanjutan,” tandas Eko.


Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Simalungun H Sakoanda Siregar mendukung sepenuhnya kegiatan PC GP Ansor Simalungun. Ia berpesan agar terus ditingkatkan.


“GP Ansor merupakan Badan Otonom NU, harus tetap sebagai garda terdepan merawat kebhinekaan yang setia kepada Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Harus tetap menjadi katalisator di tengah maraknya berita hoaks dan paham radikalisme,” tegasnya.


Selain Ketua PCNU Simalungun, hadir dalam kegiatan itu Pimpinan Pesantren Darul Hikmah, PC GP Ansor dan Satkorcab Banser Kota Pematangsiantar, juga dihadiri tokoh masyarakat dan warga Nahdiyin setempat.


Dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan Mars Ansor dan Banser serta Ya lal Wathan.


Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×