Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pramuka Harus Ikut Andil Perangi Pandemi Covid-19

Pramuka Harus Ikut Andil Perangi Pandemi Covid-19
Peringatan Hari Pramuka di Kabupaten Tegal dilakukan secara sederhana (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Peringatan Hari Pramuka di Kabupaten Tegal dilakukan secara sederhana (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online

Wakil Bupati Tegal, Jawa Tengah Sabilillah Ardie mengatakan, sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila, Pramuka harus ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19. 

 

"Ini sejalan dengan tema Hari Pramuka yaitu 'Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara'," ujarnya.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Sabilillah Ardie saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 tingkat Kabupaten Tegal di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Jumat (14/8).

 

Dikatakan, peringatan Hari Pramuka kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2020 ini digelar secara sederhana melalui upacara virtual yang diikuti oleh Kwartir Ranting (Kwaran) di tingkat kecamatan. 

 

"Meskipun Gerakan Pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan bagi anak-anak dan remaja bukan organisasi bantuan sosial, Gerakan Pramuka diharapkan tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat," tegasnya.

 

Menurut Ardie yang juga Wakil Bendahara LAZISNU PBNU, hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa dwi satya dan tru satya serta dwi darma maupun dasa darma pramuka.  

 

“Bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para Pramuka agar dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut serta membangun masyarakat,” katanya.

 

Aktivitas membantu penanggulangan bencana alam dan mengatasi wabah Covid-19 ini adalah kegiatan untuk menunjukkan betapa semua anggota Pramuka berusaha menepati janjinya, yang antara lain mengatakan 'Demi Kehormatanku Aku Berjanji akan Bersungguh-sungguh Menjalankan Kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia'.

 

“Sehingga janji yang ditunaikan anggota pramuka saat bangsa dan negara dilanda masalah seperti wabah Covid-19 ini, melalui berbagai kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut. Merupakan bukti eksistensi bahwa gerakan pramuka menjadi baguan penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta,” ujar Ardie.

 

Sejalan dengan itu, kegiatan bakti sosial yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter. Guna menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.  

 

“Sikap saling menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik,” pungkas Ardie.

 

Bupati Tegal Hj Umi Azizah yang juga Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal menyampaikan Dirgahayu ke 59 Gerakan Pramuka. Menurutnya Gerakan Pramuka memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun kepribadian generasi tunas bangsa. 

 

"Dari Pramuka kita belajar tentang kedisiplinan dan kegotong-royongan," ucapnya.

 

Meski Pandemi Covid-19 membatasi aktivitas luar ruang kita, kegiatan Kepanduan kita. Tapi nilai inti Pramuka akan terus hidup menjadi sulih di tengah upaya kita bersama melawan memutus rantai Virus Corona," ungkapnya.

 

"Pramuka adalah pelopor gerakan kedisiplinan nasional dan kepedulian sosial. Disiplin menerapkan protokol kesehatan dan kesediaan membantu sesama, saling peduli, dan saling berbagi," pungkasnya. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×