Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Rayakan Harlah, Ansor Ponorogo Patuh Protokol Kesehatan

Rayakan Harlah, Ansor Ponorogo Patuh Protokol Kesehatan
Tahun ini GP Ansor memasuki usia yang ke-86 tahun. (Foto: NU Online)
Tahun ini GP Ansor memasuki usia yang ke-86 tahun. (Foto: NU Online)
Ponorogo, NU Online
Gerakan Pemuda (GP) Ansor tengah menginjak usianya yang ke-86 tahun. Pada harlah kali ini bertepatan dengan kondisi bangsa yang sedang prihatin akibat pandemi Corona. 
 
Karenanya, Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Ponorogo, Jawa Timur mengadakan kegiatan khataman al-Qur'an secara online atau dalam jaringan. Tidak berhenti sampai di situ, selanjutnya diadakan pembagian 1000 paket sembako kepada warga, khusunya Nahdiyin.
 
Keterangan tersebut sebagaimana disampaikan Ketua PC GP Ansor Ponorogo, Syamsul Ma'arif. Bahwa seiring dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan dalam jumlah besar, maka berbagai kegiatan mengalami penyesuaian.
 
"Dua pekan sebelumnya kita adakan pembacaan ratib online yang tentu saja menyesuaikan dengan ketentuan dan protokol kesehatan,” katanya, Kamis (23/4).
 
Dalam pandangannya, ikhtiar batin harus dilakukan sebagai bagian dari kegiatan peringatan harlah. Namun demikian, kegiatan lahir yang dirasakan manfaatnya oleh umat jangan ditinggalkan.
 
“Selain pembacaan ratib dan khataman online, kami juga mengadakan membagikan sembako untuk warga,” terangnya.
 
Disampaikannya bahwa untuk pembagian sembako, setidaknmya ada seribu yang telah disiapkan. Sasarannya adalah kalangan kurang mampu, apalagi sejumlah pihak yang terimbas dari virus Corona.
\
"Ada 1000 paket sembako kita bagikan untuk warga dan diutamakan Nahdiyin yang membutuhkan," terangnya. 
 
Pembagian sembako sendiri akan berlangsung Jumat (24/4) dengan menyesuaikan kawasan yang memang layak dibantu. Sejumlah pertimbangan dilakukan agar bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat.
 
Dan yang juga tidak boleh dilupakan dan bahkan menjadi komitmen adalah saat pembagian sembako dapat memperhatikan ketentuan yang ada. 
 
“Sehingga kami ingatkan kepada sahabat Ansor agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah dan menekan Covid-19,” tegasnya. 
 
Hal yang sama juga berlaku bagi kegiatan di masyarakat, termasuk ibadah. Apalagi saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan yang kerap mengisi waktu dengan berjamaah. Oleh sebab itu, mereka diingatkan untuk taat aturan.
 
"Seperti saat shalat tarawih agar tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan tentunya bisa menjadi contoh di lingkungan masing-masing," pungkasnya.
 
 
Kontributor: Yoga
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×