Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Cerpen Daerah Ubudiyah Internasional Seni Budaya Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Obituari Nikah/Keluarga Ramadhan Pustaka Humor

Rijalul Ansor Kudus Luncurkan Aswaja Center

Rijalul Ansor Kudus Luncurkan Aswaja Center
Kudus, NU Online
Pengurus  Majlis Dzikir dan Sholawat "Rijalul Ansor Kudus Jawa Tengah meluncurkan Aswaja Center di Pondok Pesantren Yanbu'uul Qur'an Kudus, Sabtu malam (20/8). Menandai peluncuran, Rais PCNU Kudus KH Ulil Albab Arwani mendoakan dengan bacaan Surat Alfatihah.

Ketua Rijalul Ansor Kudus KH Muhammad Alamul Yaqin mengatakan Aswaja Center sebagai wadah bertujuan meningkatkan pemahaman dan penghayatan wawaan keislaman ahlussunnah Wal Jamaah di kalangan pemuda Ansor dan masyarakat Umum.

"Tujuan lainnya menginternalisasi dan mengaktualisasikan faham Aswaja dalam kehidupan beragama,berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Kiai muda yang biasa disapa Gus Muh ini menandaskan Aswaja Center merupakan jawaban atas kondisi masyarakat zaman sekarang yang mudah terpengaruh dari berbagai informasi bersifat khilafiah, perbedaan pemikiran keagamaan yang bisa membahayakan silaturrahim dalam kehidupan berbangsa.

"Lembaga ini ini juga dimaksudkan mewadahi dan menggerakkan gus-gus  (kiai muda) yang selama ini masih berkiprah di pesantren daan belum mempunyai jaringan silaturrahim yg kuat," tegasnya.

Ia mengharapkan para alumni pesantren mau melebur menjadi satu dalm.rangka memyatukan pemahaman sebagai generasi untuk menjaga kota menjaga daerah Kudus yang terkenal kota santri. 

"Harapan kami Alumni pesantren maupun kiai muda  berkenan meluruskan gerakaan yang harus yang dilakukan sefidaknya memberikan dasar kepada mesyarakat yang berbeda dan belum sepaham dengan amaliah aswaja," ujar Gus Muh yang juga pengasuh pesantren Darul Ulum Jekulo Kudus.

Mengenai programnya, Aswaja center akan melakukan kajian-kajian ke-Aswaja-an bersama Majlis Dzikir dan sholawat Nabi Rijalul ansor secara bergiliran di masing-masing kecamatan. Selain itu, mengadakan kajian keagamaan yang kemudian disebarluaskan kepada masyarakat.

"Langkah kami ini sebagai upaya membentengi aqidah warga NUdari gerusan ancaman faham-faham non Aswaja," jelas Gus Muh.

Sementara KH. Ulil Albab Arwani mengapresiasi upaya yang dilakukan Rijalul Ansor PC GP Ansor Kudus yang berinisiatif membentuk lembaga penguatan Aswaja ini. Ia mengharapkan pemuda Ansor giat memberi bekal keilmuan kepada masyarakat hingga di tingkatan pedesaan.

"Kita perlu membimbing masyarakat supaya mantap aqidah aswajanya tidak goyah oleh faham lain yang menyesatkan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rijalul Ansor juga meluncurkan Sentral Data dan Dokomentasi (Sendok). Setelah itu, acara dilanjutkan dialog Keaswajaan bersama Katib Am PBNU KH Yahya Tsaquf dan Instruktur nasional PP GP Ansor KH Ahmad Nadhif Mujib.

Disamping keduanya, acara yang mengambil tema urgensi aswaja di kalangan pemuda NUdalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini juga dihadiri Mustasyar PCNU Kudus KH. Muslim A Kadir, PCNU Kudus dan ratusan kader ansor, santri serta alumni pondok pesantren. (Qomarul Adib/Fathoni)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×