Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Santri dan Kiai 'Ngontel' Keliling Sidoarjo

Santri dan Kiai 'Ngontel' Keliling Sidoarjo
Sidoarjo, NU Online
Berbagai cara dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Santri. Di Sidoarjo, santri dan kiai Pondok Pesantren Mambaul Hikam Putat Tanggulangin melakukan aksi 'ngontel' bareng sepeda kuno dengan membawa bendera merah putih berkeliling.

Dengan mengenakan seragam kemeja takwa, sarung berwarna putih serta songkok, santri dan kiai mengendarai sepeda onthel. Di setiap lokasi bersejarah, mereka berhenti menyempatkan diri untuk foto bareng dan memanjatkan doa untuk para pahlawan, ulama dan pejuang yang telah gugur dalam peperangan membela kemerdekaan Republik Indonesia.

Pimpinan santri 'ngontel' Nahwan Mas'udi mengemukakan, ngontel bareng yang diikuti santri, kiai dan alumni tersebut bertujuan untuk melestarikan pribadi santri yang sederhana dan tetap menjunjung tinggi nilai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita mencoba melestarikan pribadi yang sederhana, asli Indonesia," kata Nahwan Mas'udi.

Nahwan berharap, ke depan santri bisa ikut serta berperan aktif di tengah masyarakat dengan baik, dengan gaya yang elegan, tapi tetap khittah santri.

"Kami mengajak masyarakat, khususnya para pemuda untuk tidak malu belajar di pondok pesantren. Mengingat pengaruh negatif dan kenakalan remaja saat ini kian marak. Seperti peredaran dan penggunaan narkoba, miras, balap liar dan kegiatan negatif  lainnya," ujarnya.

Hadir sebagai peserta ngontel sekaligus membuka acara tersebut, KH Wahid Harun jajaran syuriah PCNU Sidoarjo, Ketua RMI KH Ahmad Alawy, Ketua PC Lajnah Falakiyah KH Agus Arifuddin dan segenap jajaran pengasuh ponpes Mambaul Hikam yang kemudian rombongan 'ngontel' menuju alun-alun Sidoarjo guna mengikuti upacara Hari Santri. (Moh Kholidun/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×