Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Terpilih Jadi Ketua Ansor Bukittinggi, Zuwardi Ingin Rawat Tradisi

Terpilih Jadi Ketua Ansor Bukittinggi, Zuwardi Ingin Rawat Tradisi
Suasana rapat PC GP Ansor Kota Bukittinggi pascakonfercab. (Foto: Dok. PC GP Ansor Bkt)
Suasana rapat PC GP Ansor Kota Bukittinggi pascakonfercab. (Foto: Dok. PC GP Ansor Bkt)

Bukittinggi, NU Online
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Zuwardi, terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Bukittinggi. Ia terpilih secara aklamasi pada Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Bukittinggi, Jumat (24/6/2022) malam di Bukittinggi.


Konfercab yang dihadiri utusan 3 PAC Ansor di Bukittinggi ini dibuka resmi Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumatra Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman. Ia mengatakan, dengan terlaksananya Konfercab dan terpilihnya kepengurusan Ansor Bukittinggi, diharapkan keberadaan Ansor dirasakan generasi muda di Kota Wisata ini.


“Pengurus Ansor Bukittinggi harus memahami perjuangan dan gerakan Ansor dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” kata Pengasuh Pesantren Bustanul Yaqin Lubuk Alung, Padang Pariaman ini.


Dikatakan Rahmat, Ansor Bukittinggi harus menunjukkan kehadirannya dengan memberikan kesejukan, memperkuat nilai-nilai keagamaan Islam berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah (AsSwaja) An-Nahdliyah di kalangan generasi muda.


“Membentengi generasi muda dari paham keagamaan yang tidak sejalan dengan kearifan lokal, yakni Minangkabau berfilosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” kata Rahmat menambahkan.


Zuwardi usai terpilih menyebutkan, sesuai tema Konfercab, Spirit Baru Gerakan Pemuda Ansor Kota Bukittinggi, Rapatkan Barisan Dalam Satu Komando. Hal ini penting untuk konsolidasi organisasi ke depan.


“Kemudian tugas selanjutnya merawat tradisi dan menjaga NKRI. Hal ini memang tidak mudah dan penuh tantangan. Namun, dengan niat ikhlas dan ingin membesarkan Ansor, insyaallah bersama dukungan dari ayahanda NU dan kader-kader Ansor di Bukittinggi tentu bisa dijalankan,” ujarnya.


Merawat tradisi
Menurut Zuwardi, merawat tradisi menjadi prioritas bagi Ansor Bukittinggi seperti salawatan, majelis zikir, tausyiah, dan tahlilan. Sebelum ini, sudah beberapa kali diselenggarakan salawatan yang cukup mendapat perhatian dari kader Ansor.


Ketua PCNU Kota Bukittinggi Edy Mulyono menambahkan, dengan terpilihnya Ketua PC GP Ansor Kota Bukittinggi Zuwardi, maka akan menambah semangat NU Kota Bukittinggi untuk menyebarkan Islam rahmatan 'lil alamiin.


“NU selalu menyebarkan Islam yang toleran, tidak menyalah-nyalahkan orang lain, moderat, menerima perbedaan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Ansor Bukittinggi tentunya ikut memperkuat NU di tengah masyarakat kota wisata ini,” kata  Edy Mulyono.


Selain Ketua PCNU Bukittinggi Eddy Mulyono, hadir juga Bendahara PCNU Bukittinggi Agustawathani, Ketua PAC Ansor Mandiangin Koto Selayan Hardiansyah Fadli, Ketua PAC Ansor Guguk Panjang Yosrizal, dan kader Ansor Bukittinggi lainnya.


Kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×