Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Ansor Sumbar: Tugas Kita Jaga Tradisi dan Syiar Islam Aswaja

Ansor Sumbar: Tugas Kita Jaga Tradisi dan Syiar Islam Aswaja
Para peserta PKD GP Ansor Pariaman berpose di sela acara. (Foto: NU Online/Armaidi)
Para peserta PKD GP Ansor Pariaman berpose di sela acara. (Foto: NU Online/Armaidi)

Pariaman, NU Online
Kader Ansor di Sumatra Barat diminta terus menjaga tradisi yang sudah dilakukan ulama terdahulu dalam mensyiarkan agama Islam. Karena salah satu satu tugas kader Ansor adalah menjaga tradisi, ulama, amaliyah, dan Islam ala Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja).


Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Provinsi Sumatra Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman, ketika membuka Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda Ansor Kota Pariaman, Jumat (9/4), di Pesantren Nahdlatul Ulum Desa Kajai, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman.


Dikatakan Rahmat, Kota Pariaman sebagai kota kecil yang memiliki empat kecamatan memang tidak mudah membesarkan organisasi Ansor. Tantangan dalam mengaktifkan Ansor di Kota Pariaman diakui memang berat. Sebab, selama ini Ansor dipersepsi pada hal-hal yang tidak benar.


"Gencarnya penyebaran informasi negatif tentang Ansor harus dibalas dengan penyebaran kegiatan positif dari Ansor-Banser. Perankan diri sebagai Ansorullah, penolong penegak Agama Allah," ujar Rahmat yang juga Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bustanul Yaqin Punggung Kasik ini.


Lebih lanjut Rahmat  menyebutkan, banyak informasi yang disebarkan menyudutkan organisasi Ansor dilakukan pihak tertentu di Sumbar. Termasuk disebarkannya tayangan di YouTube yang menolak kehadiran Ansor di Sumbar.


“Alhamdulillah, kini semakin banyak generasi muda yang bergabung dengan Ansor melalui PKD yang diadakan PC Ansor di berbagai kabupaten/kota di Sumbar," tutur Ketua Baznas Padang Pariaman ini.


Ketua PC GP Ansor Kota Pariaman Masrizal menyebutkan, PKD selain diikuti peserta dari Kota Pariaman, juga berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang.


"Para peserta PKD ini diharapkan mampu menjadi kader Ansor yang siap menjalankan visi-misi Ansor di tengah masyarakat," ujar Masrizal.


Menurut dia, PKD bertema ‘Revitalisasi Gerakan dan Optimalisasi Kader di Masa Pandemi’ ini menghadirkan sejumlah instruktur. Antara lain Rais Syuriyah PCNU Kota Pariaman Muhammad Nur Tuanku Bagindo, Wakil Ketua PW GP Ansor Sumbar Nofriandi Tuanku Musidul Ummah, Wakil Sekretaris PWNU Sumbar Mufti Ulil Amri, dan mantan Ketua PC GP Ansor Padang Pariaman Zeki Aliwardana.

 
Kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×