Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Universitas NU Lampung Kaji Pengembangan Kampus di Kabupaten dan Kota

Universitas NU Lampung Kaji Pengembangan Kampus di Kabupaten dan Kota
Rektor UNU Lampung M Nasir (Peci Hitam) bersama Ketua PCNU Lampung Selatan H Nur Mahfudz. (Foto: Istimewa
Rektor UNU Lampung M Nasir (Peci Hitam) bersama Ketua PCNU Lampung Selatan H Nur Mahfudz. (Foto: Istimewa

Lampung Selatan, NU Online
Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung M Nasir mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan kajian untuk melakukan pengembangan kampus di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung. Saat ini, kampus utama UNU Lampung masih berpusat di Kabupaten Lampung Timur.

 

Terkait perizinan, UNU Lampung menurutnya boleh menyelenggarakan perguruan tinggi di kabupaten/kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampung Timur.

 

"Dengan demikian Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, Lampung Tengah, dan Tulang Bawang itu adalah home based UNU Lampung. Jika UNU Lampung membangun kampus A, kampus B, kambus C, di wilayah tersebut tidak diperlukan izin sendiri," ungkapnya.

 

Jika UNU Lampung membangun kampus yang berada  di luar kabupaten kota yang tidak berbatasan langsung dengan Lampung Timur, maka harus mendapatkan izin yang bernama PSDKU (Program Studi di Luar Domisili Kampus Utama).

 

Selain pengembangan kampus, UNU Lampung juga terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam rangka  memberikan layanan akses pendidikan kepada masyarakat di Indonesia khususnya di Lampung. UNU Lampung terus memberikan kesempatan masyarakat untuk kuliah melalui fasilitas beasiswa.

 

"Saat ini perintah memberikan bantuan banyak sekali kepada masyarakat yang kurang mampu yang pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan yang pemegang PKH dari Kementerian Sosial semua akan diberikan beasiswa," jelasnya saat mensosialisasikan program beasiswa di Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (19/9).

 

Program beasiswa yang sangat banyak dari pemerintah ini lanjutnya harus disosialisasikan kepada masyarakat. Dengan langkah ini masyarakat akan benar-benar bisa menikmati akses pendidikan yang terjangkau biayanya.

 

"Karena jumlahnya sangat banyak sekali sehingga warga negara harus mendapatkan layanan akses biasiswa. Kalau kita tidak hadir, masyarakat tidak akan tahu kalau pemerintah menyediakan layanan bantuan seperti itu," jelasnya.

 

Dalam sosialisasi beasiswa di UNU Lampung, pihaknya juga terjun tidak hanya di daerah perkotaan. Mengingat mayoritas warga NU berada di daerah pedesaan, maka UNU Lampung melakukan sosialisasi sampai desa-desa untuk mendekatkan UNU Lampung kepada warga NU.

 

Langkah UNU Lampung ini disambut baik oleh PCNU Lampung Selatan dengan siap bersinergi mewujudkan program-program yang telah dicanangkan. NU Lampung Selatan secepatnya segera mensosialisaikan program pendirian kampus UNU Lampung di Lampung Selatan.

 

"Kita akan melakukan koordinasi terkait tempat. Mana yang strategis dan bisa cepat dimanaatkan untuk UNU Lampung di Lampung Selatan akan kita proses," kata Ketua NU Lampung Selatan KH Nur Mahfudz.

 

Ia mengajak warga NU untuk bersama-sama memanfaatkan keberadaan UNU Lampung untuk menjadi tempat kuliah. Termasuk fasilitas-fasilitas beasiswa yang ada juga harus dimanfaatkan secara maksimal.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×