Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wakil Bupati Pringsewu: Guru, Garda Terdepan Cerdaskan Bangsa

Wakil Bupati Pringsewu: Guru, Garda Terdepan Cerdaskan Bangsa
H Fauzi, Wakil Bupati Pringsewu
H Fauzi, Wakil Bupati Pringsewu

Pringsewu, NU Online
Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi mengatakan bahwa ada tiga ciri yang dimiliki oleh guru profesional. Yang pertama, guru profesional adalah guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik.

"Perubahan zaman mendorong guru agar dapat menghadirkan pembelajaran abad XXI, yaitu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif. inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi," kata Fauzi pada kegiatan Peringatan HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018 tingkat Kabupaten Pringsewu di Pendopo Pringsewu, Senin (26/11).

Ia menegaskan bahwa hal tersebut tentu tidak akan dapat diwujudkan jika para guru berhenti belajar dan mengembangkan diri.

Ciri guru yang profesional yang kedua lanjutnya adalah memiliki keinginan dan mampu membangun kesejawatan. Bersama rekan-rekan sejawat, guru terus belajar, mengembangkan diri, dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman.

"Bersama teman sejawatnya pula guru terus merawat muruah dan menguatkan posisi profesinya. Jiwa korsa guru harus senantiasa dipupuk agar dapat saling membantu dan mengontrol satu sama lain," jelasnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Yang ketiga, seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya. Para guru Indonesia adalah para pejuang pendidikan sesungguhnya yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai panggilan jiwa.

"Dengan segala tantangan dan hambatan. para guru Indonesia berada di garda terdepan dalam pencerdasan kehidupan bangsa," ujarnya.

Hal ini diungkapkannya didepan para peserta upacara yang terdiri dari perwakilan guru dari Sekolah dan Madrasah di Kabupaten berjuluk Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. Selain para guru, para pejabat dan ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Pringsewu juga hadir mengikuti upacara.

Pada kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada guru, tenaga pendidikan, dan kepala sekolah berprestasi yang telah mengharumkan Kabupaten Pringsewu di tingkat Provinsi Lampung.

Sosok berprestasi yang mendapat penghargaan tersebut adalah Muh. Faizin (Guru madrasah), Syariah (Guru madrasah) , Eka Devi Safitri (Guru madrasah), Siti Zubaedah (Guru sekolah), dan Feri Wahyudi (Guru sekolah), Subagyo (Kepala sekolah), Siti Khotimatun (Kepala RA), dan Andy Mukriadi (Pengawas sekolah).

Wakil Bupati berharap raihan prestasi oleh insan pendidikan di Kabupaten Pringsewu ini harus mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh elemen pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan hal ini ia berharap perkembangan pendidikan di Pringsewu akan terus berkembang dengan dukungan seluruh elemen khususnya organisasi PGRI. (Muhammad Faizin)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×