Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Humor Gus Dur: Honoris Causa dan Humoris Causa

Humor Gus Dur: Honoris Causa dan Humoris Causa
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto: dok. istimewa)
KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto: dok. istimewa)

Tercatat ada 23 penghargaan kehormatan yang didedikasikan untuk KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, baik di tingkat nasional dan internasional atas dedikasi dan jasa-jasanya.


Ada sekitar 13 penghargaan dan 10 gelar doktor honoris causa yang diberikan kepada Gus Dur. Sehingga Gus Dur tercatat sebagai tokoh besar dengan gelar doktor honoris causa terbanyak.

 


Walaupun demikian, kecerdasannya dalam melontarkan humor merupakan salah satu ciri khas yang melekat pada diri Gus Dur.


Putri bungsu Gus Dur, Inayah Wahid menegaskan bahwa ayahnya merupakan satu-satunya presiden yang memiliki gelar honoris causa terbanyak di antara presiden-presiden lainnya.


“Gus Dur juga mendapat gelar humoris causa dari masyarakat,” kata Inayah ketika memberikan pengantar untuk buku Kelakar Madura Buat Gus Dur karya Sujiwo Tejo (2018). (Fathoni)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Humor Lainnya

Terpopuler Humor

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×