Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Angklung dan Pameran Batik akan Tampil di Piala Dunia 2022

Angklung dan Pameran Batik akan Tampil di Piala Dunia 2022
Logo Piala Dunia 2022
Logo Piala Dunia 2022

Jakarta, NU Online

Alat musik tradisional asli Indonesia, angklung akan ikut menyemarakkan gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Qatar sebagai tuan rumah menggandeng sejumlah pihak untuk memeriahkan gelaran Piala Dunia 2022. Salah satu pihak yang digandeng panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 adalah Katara Cultural Village Foundation. 


Katara Cultural Village Foundation merupakan pusat kebudayaan yang berlokasi di Doha dan kerap menampilkan pertunjukkan teater, sastra, musik, seni visual dan pameran. Pada Piala Dunia 2022 kali ini Katara Cultural Village Foundation bekerja sama dengan kantor Kedutaan Besar negara-negara di Qatar untuk membuat pertunjukan seni guna menyambut turnamen empat tahunan ini.

 

Katara akan menampilkan deretan pameran dan pentan seni dari banyak negara salah satunya Indonesia. Dilansir dari laman resmi Katara.net performa angklung akan digelar di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara pada 18-28 November 2022, pukul 18.00-20.00 waktu setempat. 


Adapun dalam pelaksanaan ekshibisi musik tersebut, Katara dan Kedutaan Besar Republik Indonesia KBRI di Qatar menggandeng Saung Angklung Udjo Bandung. Informasi ini disampaikan Kedutaan Besar Indonesia untuk Qatar di laman resmi instagram @indonesiaindoha. 


"Saung Angklung Udjo comes to Doha! Not only will you be able to watch spectacular performances you will also be able to learn and play this unique instrument!" tulisnya.


Terjemahan tulisan tersebut adalah, "Saung Angklung Udjo datang ke Doha! Kamu tidak hanya dapat menyaksikan pertunjukan spektakuler, tetapi kamu juga bisa belajar dan memainkan alat musik unik ini!"


Dalam sejarahnya, alat musik dari bambu ini telah berusia 400 tahun dan berasal dari Jawa Barat. Pada 16 November 2022 alat musik tradisional ini resmi dinobatkan  sebagai warisan budaya tak benda kemanusiaan oleh UNESCO di Nairobi, Kenya. 


Selain pertunjukkan angklung, Katara Cultural Village Foundation juga menyajikan eksibisi pembuatan batik yang akan digelar pada 1 Desember hingga 8 Desember 2022 mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat.


Turnamen di Qatar kali ini akan menjadi edisi ke-22 dari Piala Dunia dan menjadi kedua di Asia setelah edisi 2022 di Korea Selatan dan Jepang sekaligus yang pertama digelar di kawasan Jazirah Arab. 


Pembukaan Piala Dunia 2022 akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Ahad 20 November 2022 akan mempertemukan tuan rumah Qatar dengan wakil Amerika Selatan, Ekuador. Laga Qatar vs Ekuador pada partai pembuka Piala Dunia 2022 tersebut bakal dilangsungkan setelah upacara pembukaan yakni pukul 23.00 WIB.

 

Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×