Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kemeriahan Agenda Konferensi IX NU Yaman di Kota Tarim

Kemeriahan Agenda Konferensi IX NU Yaman di Kota Tarim
Kemeriahan Agenda Konferensi IX NU Yaman di Kota Tarim
Kemeriahan Agenda Konferensi IX NU Yaman di Kota Tarim

Tarim, NU Online
Pada awal tahun 2022, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama' (PCINU) Yaman menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) IX dengan mengusung tema besar Meneguhkan Karakteristik Nahdliyyin Yaman dalam Mewujudkan Persatuan Satu Abad NU.  Kota tarim menjadi tuan rumah kegiatan yang sudah sejak 28 Januari 2022 dimulai dan berakhir pada 10 Februari 2022.


Ketua Panitia Konfercab Ahmad Raja Azzani menjelaskan bahwa konferensi ini merupakan hajat besar organisasi yang dilaksanakan untuk melanjutkan estafet kepengurusan NU Yaman. “Diadakan 2 tahun sekali, sekaligus untuk membentuk kepengurusan baru, baik pemilihan Ketua Tanfidziyah maupun Rais Syuriah PCINU Yaman yang baru," jelasnya.


Ia berharap acara konferensi dan semua rangkaian agenda kegiatan yang mengiringinya dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberi kemaslahatan bagi banyak orang. Dengan konferensi ini, ia juga berharap akan lebih kuat lagi kekompakan dan kehangatan NU di Yaman.


Berbagai agenda kegiatan untuk memeriahkan forum permusyawaratan tertinggi PCINU Yaman ini pun digelar. Kegiatan pertama adalah OKTI (Olimpiade Karya Tulis Ilmiah) yang sudah dimulai sejak tanggal 18 Januari 2022 dan akan selesai sebelum acara puncak konfercab. Dalam acara OKTI ini, PCINU Yaman bekerja sama dengan PPI Hadhramaut dan berbagai media partner lainnya, seperti NU Channel, Forum Lingkar Pena (FLP) Yaman dan lain-lain.


Agenda lain yakni Bedah Tesis dan Bedah Kitab dengan langsung menghadirkan para penulisnya yakni Ustadz Muhammad Burhanuddin dan Gus Azro Chalim. Keduanya merupakan kader-kader NU yang telah menyelesaikan studi di Yaman, baik di jenjang Bachelor maupun Master. Bahtsul Masail Kubro juga akan digelar dengan mengangkat permasalahan terkait Praktik Jasa Titip dan Problematika Rontgen.


Acara Diskusi Kitab Al-Islam Wa Al-'Aql digelar pada 4 Februari 2022 malam yang dipandu oleh dua sarjana muda yaitu Al-Habib Hafidz Al-Qadri dan Ustadz Tetra Ar-Rahman. Keesokan harinya, diselenggarakan ngaji Webinar menghadirkan Rais Syuriyah PBNU KH Baha'uddin Nur Salim (Gus Baha') yang mengulas kitab Ushul Al-Wasatiyyah (konsep dasar moderat) karya dari Prof Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun (Rektor Universitas Al-Ahgaff Tarim).


Selain itu pelatihan Tajhizul Mayyit serta napak tilas maqbarah para wali yang berada di Kota Tarim juga akan digelar. Dan puncak konfercab sendiri akan dilaksanakan pada 9-10 Februari 2022.


Kontributor : Anas Shoobiriin
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×