Home Nasional Khutbah Warta Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Nikah/Keluarga Video Obituari Tokoh Hikmah Arsip

PCINU Mesir Buka Kelas Menulis hingga Web Master

PCINU Mesir Buka Kelas Menulis hingga Web Master
Berbagai pelatihan diadakan oleh PCINU Mesir. (Foto: istimewa)
Berbagai pelatihan diadakan oleh PCINU Mesir. (Foto: istimewa)

Kairo, NU Online
Lembaga Kaderisasi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (LK PCINU) Mesir, Timur Tengah menggelar kelas pelatihan madrasah teknologi informasi yang dibuka secara umum, khususnya untuk warga Nahdliyin di seluruh dunia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Sekretariat PCINU Mesir pada Sabtu, 30 Oktober sampai dengan Jumat, 5 November 2021. 

 

LK PCINU Mesir membuka lima kelas pelatihan yaitu Kelas Fotografi, Kelas Live Streaming, Kelas Web Master, Kelas Desain Grafis, dan Kelas Jurnalistik. 

 

Ketua Kelas Desain Grafis, Subuki Ali Yasin mengatakan kegiatan tersebut terinspirasi dari program Madrasah Teknologi Informasi yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

 

"Kelas-kelas ini terinspirasi dari madrasah IT yang sedang dilaksanakan oleh PBNU. Kami dari LK PCINU Mesir merasa mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan estafet kepemimpinan kepada kader-kader yang baru sehingga kami mengadakan kelas pelatihan ini,” ujar pria yang akrab disapa Uki tersebut. 

 

Uki menambahkan, dari setiap kelas pelatihan ini para peserta bisa mengikuti satu sampai empat kali pertemuan tergantung bagaimana kebijakan pemateri. "Waktunya tidak menentu, tergantung bagaimana kebijakan dan kesiapan dari pemateri," kata Uki yang juga menjabat sebagai Bendahara LK PCINU Mesir itu. 


Pihaknya juga meminta delegasi dari setiap lembaga dan banom yang berada di bawah naungan PCINU Mesir untuk mengikuti kelas pelatihan ini. "Tiap-tiap lembaga dan banom pasti membutuhkan fotografer, butuh yang bisa live streaming, dan lain sebagainya," ujarnya. 

 

Kelas pelatihan

Pada Kelas fotografi akan dibagi menjadi empat sesi yakni Basic Photography, Lighting Techniques and Photo Composition, Lightroom Mobile and PC Editing, dan Photography Tips and Trick, Sharing and Discussions denga pemateri Ridho Alfajri, Fotografer Simposium Kawasan Timtengka (2020) dan Videografer Istanbul Youth Summit (2021-2022)

 

Kelas Live Steraming akan dibagi menjadi tiga sesi yakni Pengenalan Dunia Streaming, Peralatan, dan Aplikasi. Pengenalan Aplikasi OBS, Praktik Dasar, Percobaan Streaming, Strategi yang baik, dan Sreaming OBS di Youtube dan Instagram dan Pengaplikasiannya via Handphone dengan pemateri M. Rifky Al-Varez Anggota Media Ansor 2021-2021 dan Kru PPMI TV 2020-2021.

 

Kelas Web Master akan dibagi menjadi dua sesi yakni Dasar-dasar Pengetahuan Website dan Jenis-jenis dan pengaplikasian Web Site dengan pemateri Pandu, Wakil Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir Bidang Media, Seni dan Budaya. 

 

Kelas Desain Grafis akan dibagi menjadi tiga sesi yakni Pengenalan Desain Grafis dan Pengenalan Aplikasi Coreldraw, Praktik Dasar Coreldraw, dan Sharing and Upgrading dengan pemateri Sabrina Zahra, Koordinator Divisi Media Sosial LMI PCINU Mesir 2021-sekarang. 

 

Kelas Jurnalistik, yang dibagi menjadi empat sesi yakni  Warta (Menulis Fakta dengan Menarik) oleh Moh. Ma’ruf Malik al-Faroby, Ketua LMI PCINU Mesir; Opini dan Motivasi(Menulis dan Urusan Dapurnya) oleh Tim Penulis di numesir.net. Kemudian Esai dan Motivasi (Membangkitkan Kepercayaan Diri dalam Menulis Esai dan Implementasi Penulisannya) oleh Muhammad Nur Iman, Direktur SAS Center NU Mesir. Sesi terakhir adalah Traveling menjelajahi Media Cetak di Mesir.

 

Kontributor: Agung Gumelar
Editor: Kendi Setiawan



Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya