Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

PCINU Yaman Akan Terbitkan Kitab Ulama Al Ahgaff

PCINU Yaman Akan Terbitkan Kitab Ulama Al Ahgaff

Tarim, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Yaman menggelar acara rapat kerja (Raker) Yaman, Jum'at malam (13/3) kemarin. Rapat kerja antara lain membahas penerbitan buku-buku terbaru karya NU Yaman yang dilaksanakan oleh Lajnah Ta'lif wa Nasyr (LTN) NU. <>

Bertempat di musholla kampus Al Ahgaff, Acara yang dipandu oleh koordinator LTNNU, Muhammad Rifqi Ridho, rapat membahas kelanjutan penerbitan kitab "Bulughul Ma'mul fi Syarhi Lubbil Ushul" karya DR Amjad Rosyid al Maqdisy.

Kitab tersebut merupakan penjelasan (syarh) dari kitab Lubbul Ushul (karya Syaikhul Islam Zakaria al Anshori) yang dijadikan kitab wajib (muqorror) dalam mata kuliah Ushul Fiqh di Fakultas Syari'ah dan Hukum, Universitas Al Ahgaff. Sementara penulis kitab Bulughul Ma'mul ini tidak lain adalah guru besar yang pernah menjabat sebagai dosen dan ketua komite Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Al Ahgaff (dulu).

Pada kesempatan itu, Rifqi Ridho menuturkan bahwa kitab ini sudah berhasil diterbitkan 2 juz oleh LTN NU Yaman periode sebelumnya, dan periode sekarang akan dimaksimalkan penerbitan semuanya yang berjumlah 5 juz.

"Penerbitan kitab Bulughul Ma'mul ini akan menjadi sumbangsih NU Yaman untuk membantu para pelajar Universitas Al Ahgaff dalam mengkaji Ushul Fiqih lebih dalam dengan kitab yang lebih mudah difahami," ngkapnya.   

Turut hadir dalam acara rapat itu Rais Syuriyah PCINU Hasan Basri Hayyi dan Ketua Tanfidziyah Abdul Rahman Malik, serta turut mengundang koordinator LTN NU periode sebelumnya Hifni Mubarok.

Selan pembahasan penerbitan kitab, acara yang berlangsung mulai pukul 20.30 waktu setempat itu juga berhasil memutuskan rencana menerbitkan buku antologi "Ulama Yaman dalam Literasi Islam Nusantara" yang berisi kumpulan tokoh-tokoh ulama Yaman yang memiliki karya kitab fenomenal yang telah menghiasi khazanah Islam di Indonesia.

"Buku kumpulan ulama ini akan menjelaskan beberapa tokoh Ulama Yaman yang memiliki pengaruh dan terkenal karena sering dikaji di pesantren-pesantren Indonesia seperti pengarang kitab Bughyatul Mustarsyidin, Sullamut Tawfiq dan lainnya," ungkap  Abdul Rahman Malik.    

Di akhir rapat dibahas juga pembentukan struktur redaksi bulletin Adzkar PCINU Yaman yang merupakan program dua kali selama setahun. (Arman Malieky/Anam)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×