Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tiba di India, Dua Pesepeda Ini Minta doa Kiai dan Warga NU

Tiba di India, Dua Pesepeda Ini Minta doa Kiai dan Warga NU
Jakarta, NU Online
Dua Warga NU, Hakam Mabruri dan Rofingatul Islamiah meminta didoakan kiai dan warga NU agar perjalanan mereka ke Timur Tengah dengan bersepeda selamat tanpa halangan apa pun hingga kembali lagi ke tanah kelahirannya, Malang, Jawa Timur. Saat ini keduanya berada di kota Varanasi, India. 

“Mohon maaf lahir batin, selemat Lebaran... Kami sudah sampai India, mohon doa dari para kiai dan warga NU, dari GP Ansor agar selamat sampai tujuan,” pintanya ketika dihubungi NU Online dari Jakarta, Jumat (30/6). 

Hakam, ia dan istrinya telah sepuluh hari berada di India. Keduanya akan berada di negara itu selama sebulan. 

Mereka sampai di negara tersebut dengan pesawat terbang dari Bangkok menuju Calcutta. Dari kota itu mereka mengayuh sepeda ke Asansol, lalu ke Varanasi. Di antara kota lain yang akan dikunjungi adalah Agra dan New Delhi. 

Menurut dia, selama perjalanan, tak ada hambatan berarti. Bahkan di tiap negara, terutama di Malaysia dan di Pathani (bagian dari Thailand), keduanya disambut dan didukung warga Muslim dengan baik.

Soal makanan pun, menurutnya tidak terlalu sulit. Hanya di Thailand, sukar mendapatkan makanan halal, tapi telah dipersiapkan sebelumnya, keduanya telah membawa alat memasak. Menginap pun tidak kesulitan, jika tak bisa mendapatkan hotel, mereka mendirikan tenda. Hanya di India, keduanya selalu di penginapan yang terjangkau karena alasan keamanan.

Hakam dan Rofingah berangkat dari Malang, Desember tahun lalu. Setelah sebulan perjalanan dengan sepeda, mereka tiba di Jakarta. Mereka sempat tidur kantor Pimpinan Pusat GP Ansor dan sowan ke PBNU. setelah sebulan mengurus visa untuk Malaysia dan Thailand, keduanya bersepeda menuju Sumatera dilepas Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Sekretaris Jenderal PBNU H. Helmy Faishal Zaini. (Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×