Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wabah Virus Corona, PCINU Tiongkok Dukung Upaya Pemerintah Evakuasi WNI dari Hubei

Wabah Virus Corona, PCINU Tiongkok Dukung Upaya Pemerintah Evakuasi WNI dari Hubei
Peta penyebara virus corona. (Ilustrasi: nytimes)
Peta penyebara virus corona. (Ilustrasi: nytimes)
Beijing, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok mendukung upaya apapun yang dilakukan pemerintah Indonesia terkait dengan wabah virus corona di China, termasuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang di Wuhan dan beberapa kota lainnya di Provinsi Hubei.

“Dengan mempertimbangkan dampak akibat munculnya wabah virus korona, maka kami mendukung upaya apapun yang dilakukan Pemerintah Republik Indonesia,” kata PCINU Tiongkok dalam rilisnya yang diterima NU Online, Kamis (30/1).

PCINU Tiongkok mengapresiasi kebijakan Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar RI Tiongkok, serta kesigapan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) Cabang Wuhan yang memberikan bantuan kepada WNI di Kota Wuhan dan sekitarnya.

Di samping itu, PCINU Tiongkok juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Negeri Bambu yang sikap menangani korban dan mengantisipasi penyebaran virus corona.

Sebelumnya, PPIT Cabang Wuhan memastikan bahwa 244 WNI yang ada di Provinsi Hubei dalam kondisi aman. Mereka tidak terjangkit virus corona yang mewabah di sana. 

“Kami melalui ketua ranting sudah menjalin komunikasi dengan seluruh mahasiswa dan WNI bahwa mereka dalam keadaan sehat dan tidak ada yang terjangkit virus Corona serta dalam pantauan kampus dan ketua ranting masing-masing," kata Ketua PPIT Wuhan Nur Musyafak dalam keterangannya, seperti dikutip antaranews, Senin (27/1). 

Meski demikian, ada beberapa pihak yang mendesak agar pemerintah Indonesia melakukan evakuasi terhadap WNI yang berada di Provinsi Hubei, China, menyusul semakin merebaknya virus corona. 

Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengakui, evakuasi WNI dari Provinsi bukan lah pekerjaan yang mudah karena provinsi tersebut dikunci pemerintah China setelah merebaknya virus corona. Meski demikian, dia menyebut kalau pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah China terkait dengan pemulangan WNI. Selain itu, Kemenlu RI juga berkoordinasi dengan Kemenlu negara lain seperti Australia yang juga belum berhasil mengevakuasi warganya dari Provinsi Hubei.

“Mereka (Pemerintah Cina) sudah bersedia untuk membantu fasilitas evakausi. Targetnya secepatnya. Namun, saat ini ada prosedur yang harus dipenuhi," kata Retno, diberitakan tempo.co, Kamis (30/1). 

Jumlah korban meninggal akibat terinveksi virus corona terus bertambah dari hari ke hari. Terbaru, pemerintah China mengumumkan bahwa virus corona telah menyebabkan 170 orang meninggal dunia. Sementara, ada 7.864 kasus terkonfirmasi virus corona. Tidak hanya China, virus corona juga menyebar ke 18 negara lainnya, di antaranya Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Perancis, UEA, dan lainnya.

Pewarta: Muchlishon
Editor: Fathoni Ahmad


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×