Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Warga di Jalur Gaza Palestina Terima Bantuan Kursi Roda LAZISNU

Warga di Jalur Gaza Palestina Terima Bantuan Kursi Roda LAZISNU
Penyaluran kursi roda bagi warga Palestina oleh NU Care-LAZISNU. (Foto: dok NU Care)
Penyaluran kursi roda bagi warga Palestina oleh NU Care-LAZISNU. (Foto: dok NU Care)

Jakarta, NU Online

​​​​​​​NU Care-LAZISNU terus mewujudkan komitmen membantu rakyat Palestina. Setelah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok bantuan obat-obatan beberapa waktu lalu, Sabtu 10 Juli 2021 kemarin, NU Care-LAZISNU kembali menyalurkan kursi roda dan kruk atau alat bantu jalan. Penyaluran yang bekerja sama dengan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) difokuskan bagi warga di Jalur Gaza.

 

Penanggung jawab Program Kerja Sama NU Care-LAZISNU dan MTT, Nur Hasan mengatakan penyaluran bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian kepada rakyat Palestina yang menjadi korban konflik. Apalagi bantuan kali ini juga menyasar kaum disabilitas yang mengalami cacat fisik akibat konflik di Palestina.

 

Menurut dia, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan NU Care-LAZISNU bukan baru pertama ini dilakukan. Bantuan kepada rakyat Palestina juga merupakan bentuk solidaritas dan realisasi dari sikap NU sejak Muktamar di Menes, Banten, 1938 silam.

 

"Artinya dukungan kepada rakyat Palestina juga meniru sikap para kiai NU yang telah diteladankan sejak dulu," kata Nur Hasan, Senin (12/7).

 

Hasan mengatakan bersyukur karena NU Care-LAZISNU dapat kembali menyalurkan bantuan bagi warga Palestina. "Sejak beberapa waktu yang lalu, NU Care-LAZISNU telah melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina melalui nucare.id/program/pedulipalestina," ujarnya.

 

Ketua Umum MTT Ade Muzawir mengatakan penyaluran bantuan tersebut dilakukan guna merespons kondisi yang dialami oleh warga Palestina pascakonflik yang berkepanjangan. Melalui Program Solidaritas Kemanusiaan NU Peduli Palestina, MTT turut menyediakan kursi roda dan tongkat bagi penyandang disabilitas di Palestina.

 

"Insyaallah, bantuan kursi roda ini akan akan didistribusikan kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu berjalan dan beraktivitas normal. Sehingga mereka bisa beraktivitas dengan lebih mudah sehari-harinya," kata Ade.

 

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan semua yang pihak yang terlibat dalam program ini. "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk warga Palestina," harapnya.

 

Penyaluran kursi roda dan kruk untuk warga Palestina direalisasikan oleh AWC Women's Center Palestina. Executive Director of AWC Women's Center, Abeer Zayd juga mengucapkan terima kasih kepada MTT dan NU Care-LAZISNU atas bantuan amal berupa kursi roda dan kruk yang diberikan kepada korban luka di Gaza.

 

"Sumbangan dermawan seperti itu membantu yang terluka untuk berintegrasi kembali ke dalam masyarakat dan membuat kehidupan sehari-hari mereka lebih mudah," kata Abeer Zayd.

 

Seperti diberitakan, warga Palestina berduka ketika aparat kepolisian Israel menyerang warga sipil Palestina pada malam 27 Ramadhan 1442 H atau Jumat 7 Mei 2021 di Masjid Al-Aqsa.

 

Pada peristiwa tersebut, aparat kepolisian Israel dilaporkan membubarkan dan menyerang jamaah Masjid Al-Aqsa dengan menggunakan granat kejut dan bom gas, ketika jamaah tengah menunaikan shalat Isya dan Tarawih. 

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×