Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Cerpen Daerah Ubudiyah Internasional Seni Budaya Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi Tafsir Hikmah Obituari Nikah/Keluarga Ramadhan Pustaka Humor

Beri Makan Lansia dan ODGJ Terlantar, Gusdurian Buka Donasi Rp10.000 Per Hari

Beri Makan Lansia dan ODGJ Terlantar, Gusdurian Buka Donasi Rp10.000 Per Hari
Penggalangan untuk lansia dan ODGJ dilakukan Gusdurian karena hidup para lansia dan ODGJ terlantar di Indonesia terlunta-lutnta lantaran tidak bisa lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Penggalangan untuk lansia dan ODGJ dilakukan Gusdurian karena hidup para lansia dan ODGJ terlantar di Indonesia terlunta-lutnta lantaran tidak bisa lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jakarta, NU Online
Jaringan Gusdurian Indonesia melalui Gusdurian Peduli membuka donasi Rp10.000 per hari untuk membantu memberikan makanan siap saji kepada orang lanjut usia (lansia) dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang terlantar. Donasi itu dibuka di laman kitabisa.com/berimakanlansiaterlantar.

 

"Di sekitar kita masih banyak lansia dan ODGJ yang hidupnya terlantar. Mereka tidak memiliki tempat tinggal, tak punya keluarga, bahkan tidak punya segenggam beras pun untuk cadangan makanan," kata Ketua Umum Gusdurian Peduli Gus A’ak Abdullah Al-Kudus, kepada NU Online, Selasa (2/11/2021).

 

Ia mengatakan bahwa hidup para lansia dan ODGJ terlantar di Indonesia terlunta-lutnta lantaran tidak bisa lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, kata Gus A’ak, mereka hanya mengandalkan belas kasihan dari banyak orang. 

 

"Mereka miskin, mereka sakit, mereka lapar, dan mereka adalah manusia seperti kita," tegas Gus A’ak.

 

Saat ini, Gusdurian Peduli telah mendirikan Rumah Lansia di Pare, Kediri, Jawa Timur, untuk merawat beberapa lansia dan ODGJ terlantar. Selain itu, para relawan Gusdurian Peduli setiap hari juga memasak makanan sekaligus mengantarkan kepada para lansia dan ODGJ terlantar di pasar-pasar, gubuk-gubuk reot, dan jalanan. 

 

"Meski hanya sekotak makanan, tapi sungguh sangat besar artinya bagi mereka. Setiap hari, Gusdurian Peduli memberikan makanan siap saji untuk para lansia yang terlantar dan merawat ODGJ," kata Gus A’ak. 

 

Dijelaskan, bagi orang baik yang ingin membantu mereka, bisa bersedekah melalui Kitabisadotcom dengan nominal Rp10.000 per hari. Kemudian, hasil donasi yang terkumpul akan dijadikan makanan siap saji oleh relawan Gusdurian Peduli dan diberikan kepada mereka setiap hari.

 

Caranya, masuk ke laman kitabisa.com/berimakanlansiaterlantar, lalu klik tombol ‘donasi sekarang’. Setelah itu, masukkan nominal donasi (minimal Rp10.000 per hari).

 

Usai memasukkan nominal angka donasi, silakan pilih pembayaran, bisa melalui jasa Go-Pay atau transfer bank (BNI, Mandiri, BCA, BNI Syariah, atau kartu kredit). Terakhir, lakukan pembayaran dengan transfer ke nomor rekening yang tertera. Jika ingin melakukan konfirmasi silakan menghubungi Gusdurian Peduli di nomor 0822-9999-1117.

 

"Mencintai kemanusiaan itu harus tanpa syarat apa pun," kata Gus A’ak mengutip ungkapan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.  

 

Saat berita ini ditulis, hasil penggalangan donasi Gusdurian Peduli untuk memberi makan lansia dan ODGJ terlantar ini mencapai Rp360.802 dari total donasi hingga Rp10 juta. Donasi ini dibuka sampai 28 hari ke depan, sejak dibuka pada 31 Oktober 2021 lalu.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×