Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Cara Ampuh Melawan Setan Menurut Gus Baha

Cara Ampuh Melawan Setan Menurut Gus Baha
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Foto: NU Online/ Saiful Arifin
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Foto: NU Online/ Saiful Arifin

Jakarta, NU Online
KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menyampaikan bahwa ada cara ampuh dalam melawan setan. di antaranya adalah dengan patuh dan taat kepda Allah swt.


“Cara melawan setan adalah dengan taat kepada Allah,” jelas Gus Baha dalam video yang diakses oleh NU Online pada Kamis (30/6/2022) di kanal YouTube Santri Gayeng.

 

“Kamu mau bersujud dan shalat itu otomatis memposisikan setan sebagai musuh. Sebab setan melarang shalat dan bersujud,” imbuhnya dalam video berjudul Gus Baha: Melawan Tipu Daya Setan ini.


Menurut salah satu Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmah 2022-2027 ini, sebenarnya setan itu adalah makhluk Allah yang penakut.


“Jadi setan itu penakut. Dia tidak ingin masuk neraka sendiri, makanya mencari teman. Jangan mau diajak setan! Pokoknya jika kalian bersujud atau mengaji Jalalain, itu berarti tidak mau,” ungkap Gus Baha’ disambut tawa jamaah.


“Tidak ada makhluk Allah yang takut kepada Allah melebihi takutnya setan. Karena setan tahu betul kekuatan Allah. Dia tahu betul surga dan neraka itu apa,” tambah Gus Baha.


Maka dari itu, Gus Baha menambahkan, setiap setiap kali setan menggoda manusia dan manusia itu mau, setan berkata ‘fa lammâ kafara qâla innî barî'um mingka innî akhâfullâha rabbal-‘âlamîn’.


“Setelah yang digoda tadi mau kafir dan bersalah, setan berkata: “Silakan kafir sendiri, aku tidak ikut-ikutan. Karena aku takut pada Allah. Jadi setan itu takut sekali karena dia tahu kekuatan Tuhan,” kata kiai asal Narukan Kragan Rembang ini.


Sebut setan tidak hebat
Pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA Narukan Kragan Rembang ini bahkan menyebut bahwa setan itu tidak hebat. Untuk itu, ia meminta kepada umat Islam agar tidak takut kepada setan.


“Andaikan setan itu hebat, maka setelah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad pasti semua orang menjadi kafir semua,” ucap sosok yang dikenal sebagai ahli Al-Qur’an ini.


“Tapi pada kenyataannya orang shalat dan mengaji malah semakin banyak. Berarti setan tidak sukses. Memang orang maksiat juga banyak. Lha iya ada suksesnya, tapi tidak sukses sekali,” lanjutnya.


Dikatakannya, bahwa setan akan selalu menangis tatkala orang yang berhasil ia goda mau untuk bertaubat.


“Setan itu kalau ada orang melakukan maksiat, namun setelah itu orang tadi beristighfar, dia pun menangis,” pungkasnya.


Kontributor: Ahmad Hanan
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×