Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Cara Menggunakan Masker yang Benar Menurut WHO

Cara Menggunakan Masker yang Benar Menurut WHO
Jaga kebersihan dengan memastikan tangan sudah dicuci sebelum dan setelah mengenakan masker.
Jaga kebersihan dengan memastikan tangan sudah dicuci sebelum dan setelah mengenakan masker.

Jakarta, NU Online
Virus Covid-19 semakin banyak menulari masyarakat Indonesia. Kasus konfirmasi positif harian terbaru sudah mencapai lebih dari 21 ribu. Hal ini menuai rekor terbanyak sepanjang ditemukannya kasus di Indonesia. Salah satu hal yang dapat mencegah tertular virus tersebut adalah menggunakan masker dengan baik.


Terkait hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan petunjuk bagaimana menggunakan masker dengan baik. Di antaranya adalah menjaga kebersihan dengan memastikan tangan sudah dicuci sebelum dan setelah mengenakan masker.


“Bersihkan tanganmu sebelum Anda menggunakan masker. Pun juga sebelum dan sesudah melepaskannya, juga setelah menyentuhnya sewaktu-waktu,” tulis WHO melalui laman resminya.


Perlu diperhatikan juga, bahwa pengambilan masker harus melalui tali pengikatnya, tidak dengan menyentuh bagian intinya. “Tidak menyentuh bagian depan masker,” tulisnya.


Lebih lanjut, pemakaian masker juga tidak boleh meninggalkan celah di sisi manapun. Masker harus menutupi mulut, hidung, dan dagu. “Pastikan bahwa masker yang sedang Anda kenakan tersebut menutup hidung, mulut, dan dagumu,” lanjutnya.


Kemudian, jika hendak memindahkan atau mencopot masker, maka perlu kembali untuk mencuci tangan, baik menggunakan sabun ataupun cairan sanitasi pembersih tangan. Sebab, tidak dapat dipastikan tangan sebelum memindahkan masker sudah bersih.


Saat memindahkan masker, pastikan pegang dengan pengikatnya, tidak menyentuh bagian inti. Selanjutnya, jika masker dapat dicuci, masukkan masker ke sebuah wadah yang bersih. Jika hendak digunakan lagi, pastikan masker sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun atau deterjen dan air panas, setidaknya sehari sekali.


Setelah itu, pengguna masker harus kembali mencuci tangannya dengan menggunakan sabun atau cairan sanitasi.


Jika menggunakan masker medis harus segera dibuang ke tempat sampah yang tertutup. Sebelum dibuang, pastikan disobek atau digunting supaya tidak dapat digunakan orang lain. “Jangan berikan masker yang sama kepada orang lain,” tegasnya.


WHO juga mengingatkan bahwa masker tidak sepenuhnya dapat menjaga Anda dari virus Covid-19. Karenanya, hal lain yang harus diperhatikan adalah tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan, serta tidak menyentuh bagian muka.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×