Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ekonom IPB: Kedaulatan Ekonomi Penentu Besarnya Kualitas Perekonomian Negara

Ekonom IPB: Kedaulatan Ekonomi Penentu Besarnya Kualitas Perekonomian Negara
Ilustrasi kedaulatan ekonomi.
Ilustrasi kedaulatan ekonomi.

Jakarta, NU Online
Kasus kemiskinan menjadi salah satu akibat dari kedaulatan ekonomi yang melemah. Suatu negara dapat dikatakan berjalan dengan baik dan sejahtera manakala mampu mempertahankan kedaulatan ekonominya. Pemerintah harus tahu cara mempertahankannya.


“Artinya, kedaulatan ekonomi menjadi penentu besarnya kualitas perekonomian negara. Kedaulatan itu akan bergantung pada model perekonomian yang digunakan. Oleh karenanya, banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk hal itu,” kata Ekonom Institut Pertanian Bogor (IPB), Jaenal Effendi, saat dihubungi NU Online Sabtu (6/8/2022).


Jaenal Effendi mencoba menawarkan cara untuk mempertahankan kedaulatan ekonomi negara, yakni pemerintah harus membuat konsep yang tertata dengan baik.


Pertama yang bisa dilakukan adalah diperlukan konsep strategi melalui berbagai kebijakan yang turunannya dapat dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga terkait untuk masyarakat, agar dibekali kemampuan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang produktif.


Kedua, ketika hal itu sudah terlaksana dengan baik maka perlu membuat kebijakan strategis bahwa kemampuan yang dimiliki masyarakat harus memiliki kekuatan dan harus dipastikan konsep empowering (pemberdayaan).


Ketiga, jika sudah terberdayakan maka pemerintah melalui kebijakan dan kementerian serta lembaga yang ada harus memberikan kepastian agar mereka tetap bisa berdaya saing tinggi dan bersaing sehat.


“Ketika produktivitas tinggi di sektor ekonomi seperti pertanian dan perikanan, maka harus dipastikan bisa tumbuh dengan baik. Tidak jarang hal-hal seperti ini justru dilukai oleh adanya kebijakan impor yang tidak beralasan, padahal di masyarakat pada sektor tertentu telah menggeliat,” tutur Wakil Ketua Lembaga Perekonomian PBNU 2015-2021 ini.


Agar mampu mewujudkan kedaulatan ekonomi, menurut Jaenal Effendi, pemerintah harus memerhatikan di seluruh lini masyarakat. Artinya, dalam pembuatan program harus menyasar pada seluruh lapisan masyarakat.


“Selanjutnya pemerintah perlu memastikan seberapa luas program yang direncanakan dan seberapa dalam masyarakat yang merasa belum diuntungkan. Karena pemerataan ekonomi sejauh ini baru di beberapa sektor dan kalangan tertentu saja. Oleh karena itu, perlu memastikan semua,” tegasnya.


Melalui usaha-usaha di atas, lanjut Jaenal, diharapkan pemerintah mampu mempertahankan kedaulatan ekonomi, sehingga masyarakat dari semua lapisan dapat merasakan kesejahteraan secara merata.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×