Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Harlah Ke-99 NU, Posko Vaksin dan Swab Didirikan di JSC Palembang

Harlah Ke-99 NU, Posko Vaksin dan Swab Didirikan di JSC Palembang
Registrasi peserta antigen di Gedung A JSC Palembang (Foto: dok panitia)
Registrasi peserta antigen di Gedung A JSC Palembang (Foto: dok panitia)

Palembang, NU Online

Jelang peringatan Harlah Ke-99 NU Wilayah Barat, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendirikan posko layanan vaksinasi dan antigen bagi para peserta Harlah ke-99 NU di Palembang. Posko didirikan di kompleks Dinning Hall dan Gedung A Jakabaring Sport City. 

 

Panitia Harlah ke-99 NU bidang kesehatan, Nurmelia Meliani menjelaskan kegiatan ini menjadi syarat wajib bagi seluruh peserta sebelum memasuki arena Harlah ke-99 NU. 

 

Selain itu petugas juga menyediakan layanan vaksinasi bagi peserta harlah. Kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan protokol Kesehatan Masyarakat akan berlangsung selama tiga hari ke depan mulai 3-5 Maret 2022.

 

"Antigen ini diperuntukkan untuk peserta yang mengikuti harlah dan kegiatan NU di sini. Jikalau persyaratan dari antigen dan lain-lain sudah dipenuhi maka tidak diharuskan antigen," kata Meli saat ditemui NU Online di lokasi Harlah, Kamis (3/3/2022).

 

Sementara syarat peserta yang menerima antigen, lanjut Meli, harus punya surat antigen dari luar kota dan suhu tubuh berada 37 derajat Celsius. Jika suhu di atas itu peserta harus antigen di lokasi yang disiapkan panitia serta aplikasi peduli lindungi.id.

 

"Jika belum ada aplikasi peduli lindungi kami buatkan dan tetap harus antigen," ungkap Meli.

 

Senada, Petugas Kesehatan dari Puskesmas 9 Kota Palembang, Dokter Ria menyebut telah menyiapkan 300 vaksinasi yang diperuntukkan untuk seluruh peserta harlah selama tiga hari ke depan.

 

"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari Kamis sampai Sabtu. Sementara itu untuk petugasnya ada dari kepolisian (Polresta)," katanya.

 

"Sasaran kita per hari seratus (peserta), bisa tambah tergantung animo masyarakat. Sementara target kita untuk lansia. Adapun dosis vaksinasi yang tersedia adalah vaksin Pfizer, Sinovac dosis kedua," sambungnya.

 

Sementara itu, salah satu peserta yang berasal dari Palembang Wahyu Agustian mengaku, keberadaan posko di lokasi harlah itu dinilai sangat bermanfaat bagi dirinya dan juga para rombongan lain.

 

"Alhamdulilah ada posko ini sangat membantu karena bisa menerapakan protokol kesehatan apalagi ada vaksin dan antigen yang disiapkan panitia langsung," kata Wahyu Agustian.

 

Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×