Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Jokowi Bawa Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Berharap Perang Segera Dihentikan

Jokowi Bawa Misi Perdamaian Ukraina-Rusia, Berharap Perang Segera Dihentikan
Presiden Joko Widodo dan Iriana beserta Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin dan tentara Ukraina saat meninjau langsung kerusakan bangunan akibat perang Ukriana-Rusia di Kota Irpin, Ukraina. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo dan Iriana beserta Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin dan tentara Ukraina saat meninjau langsung kerusakan bangunan akibat perang Ukriana-Rusia di Kota Irpin, Ukraina. (Foto: BPMI Setpres)

Jakarta, NU Online

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina pada Rabu (29/6/2022). Wilayah tersebut merupakan salah satu lokasi terdampak dari konflik Rusia-Ukraina. Perdamaian menjadi misi utama Jokowi dalam lawatannya itu.


Ditemani Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin, Presiden Jokowi meninjau langsung kerusakan infrastruktur akibat perang. Ia mengungkapkan, jejak perang sangat terlihat di bangunan Apartemen Lipky yang dinding dan atapnya terkoyak oleh peluru. 


“Semoga perang ini bisa segera dihentikan,” ungkap Presiden Jokowi dalam unggahan di akun Instagram resminya @jokowi.


Selain itu, Presiden Jokowi juga mendatangi sebuah rumah sakit di pusat kota Kyiv. Di rumah sakit inilah, kata Jokowi, para korban perang dirawat. Ibu Negara Iriana Widodo juga dikabarkan secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina.


Mendapati kondisi tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan bantuan rekonstruksi untuk rumah sakit yang rusak akibat perang.


“Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak,” ungkap pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 itu.


Disambut di Istana Maryinsky Ukraina

Usai mendatangi lokasi reruntuhan kompleks apartemen di Kota Irpin dan Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina, Presiden Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky. Presiden dikabarkan tiba di lokasi pada pukul 3 sore waktu setempat.


Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi membawa serta misi perdamaian di tengah perang yang berkecamuk antara Ukraina dan Rusia. 


“Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelensky semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” tegas Presiden Jokowi. 


Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Kyiv sekitar pukul 08.50 waktu setempat. Mereka tiba dan disambut langsung oleh sejumlah pejabat Ukraina seperti Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dymtro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kacha, dan Pejabat KBRI Kyiv.


Selain mengunjungi Ukraina, Jokowi juga sudah mengagendakan untuk melawat ke Rusia menemui Presiden Vladimir Putin. Kunjungan ke kedua negara yang dilanda perang sejak 24 Februari 2022 itu menjadi misi Jokowi yang disampaikan dalam forum KTT G7 di Munich, Jerman.


“Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal. Kita paham situasi dunia saat ini sedang dalam kondisi yang rumit,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikutip dari akun YouTube MoFA Indonesia, Kamis (23/6/2022).


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa

Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×