Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

KUPI Gelar Lomba Menulis Esai Berhadiah Jutaan Rupiah, Ini Ketentuannya

KUPI Gelar Lomba Menulis Esai Berhadiah Jutaan Rupiah, Ini Ketentuannya
KUPI Gelar Lomba Menulis Esai Berhadiah Jutaan Rupiah. (Foto: Instagram/@indonesia_kupi)
KUPI Gelar Lomba Menulis Esai Berhadiah Jutaan Rupiah. (Foto: Instagram/@indonesia_kupi)

Jakarta, NU Online
Jelang perhelatan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II yang akan dilaksanakan secara langsung di Semarang dan Jepara, serta disiarkan secara live streaming melalui platform zoom dan youtube, Kupipedia sebagai ensiklopedia digital KUPI menggelar lomba menulis esai.

 

Kegiatan ini mengambil tajuk Bertemu Ulama Perempuan guna mengenalkan perspektif adil gender di lingkungan yang cenderung menganut paham dominasi.

 

Pengalaman berkeadilan gender mungkin bisa didapatkan dari berbagai aspek, lingkungan, sekolah, keluarga, forum, bahkan buku. Namun, sebagaimana tema kongres kedua KUPI Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkedilan, KUPI mengajak kepada khalayak ramai untuk mendokumentasikannya melalui esai.

 

Berikut kriteria lomba menulis esai Kupipedia: naskah yang dikirimkan berbentuk esai menggunakan sudut pandang personal dengan objek pengasuh pondok pesantren, guru, dosen, aktivis, pendakwah, pengurus majelis taklim, dan penulis buku (yang masih hidup).

 

Panjang naskah terdiri dari 900-1200 kata dan tidak pernah dipublikasi atau dilombakan selama Oktober 2022. Pengumpulan naskah mulai dari 8-30 Oktober 2022, dikirim melalui tautan: bit.ly/SayembaraEsaiKUPI.

 

Kabar baiknya, selain menentukan pemenang lomba, 30 tulisan esai terbaik akan dibukukan.

 

“Hadiah juara 1 senilai Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1 juta, juara 3 Rp 750 ribu, dan juara 4 Rp 500 ribu. Bagi 9 peserta terbaik akan mendapat intensive course dari GUSDURian X KUPUPEDIA, pasca KUPI,” demikian bunyi pengumuman di akun instagram @indonesia_kupi.

 

Kegiatan ini didukung oleh Kupipedia, jaringan Gusdurian, AMAN Indonesia, Fahmina Institute, dan Rahima.

 

Untuk diketahui, kongres kedua KUPI meliputi rumpun kegiatan sebagai berikut:

 

Pertama, Pra-KUPI yang akan diselenggarakan di Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Kedua, International Conference akan diselenggarakan pada hari Rabu, 23 November 2022 (28 Rabi’ul Akhir 1444 H), bertempat di Kampus UIN Walisongo Semarang.

 

Ketiga, perhelatan Kongres ke-2 KUPI akan diselenggarakan pada Kamis-Sabtu, 24-26 November 2022 (29 Rabi’ul Akhir-2 Jumadil Awwal 1444 H), bertempat di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari,  Bangsri, Jepara,  Jawa Tengah.

 

Keempat, kegiatan-kegiatan tambahan, berupa pengajian, khataman, shalawatan, ziarah kubur, napak tilas tokoh-tokoh perempuan, festival budaya terutama terkait sosok Kartini dan Ratu Kalinyamat, pentas seni, pameran inovasi dan produk pengetahuan jaringan KUPI.

 

Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×